Pentingnya Sholat Sholat dan Sholat

30 04 2009

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِى اَسْرى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلىَ الْمَسْجِدِ اْلاَقْصى وَاَرَاهُ فِى الْمَسِيْرِ آيَاتِهِ الْكُبْرى وَاَفَاضَ عَلَيْهِ مِنْ رَحْمِتِهِ عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهى عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوى . اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ . وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ . اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى خَيْرِ الْوَرى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاَصْحَابِهِ كِرَامٍ بَرَرَةٍ
اَمَّابَعْدُ : فَيَاعِبَادَالله !! اُوصِيْكُمْ وَنَفْسِى بِتَقْوَى الله فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ . قَالَ اللهُ تَعَالى فِى كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ . اَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجَيْـمِ وَسْتَعِيْنُوْا بِاالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ فَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِيْنَ

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Marilah kita bersama-sama meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya taqwa dengan menjalankan semua perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.
Kita semua telah mengerti bahwa peristiwa isro’ mi’raj yaitu perjalanan Rasulullah pada malam hari dari Masjidil Haram (makkah) ke Masjidil Aqso (palestina) lalu naik ke langit ketujuh hingga Shirotul Muntaha terus ke Mustawan, dan beliau Rasulullah kembali lagi ke bumi, adalah dalam rangka memenuhi panggilan langsung Allah SWT. Beliau serta para umatnya diwajibkan mendirikan ibadah sholat lima waktu sehari semalam.
Hal ini menunjukkan bahwa perintah wajib sholat itu sangat penting sekali dan sholat ialah rangka pokok iman, sebagai mana firman Allah:
وَالْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاءُ بَعْضً يَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْف وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيمُوْنَ الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكَاةَ وَيُطِيْعُوْنَ اللهَ وَرَسُوْلُهُ اُولئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللهُ اِنَّ اللهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

Artinya :
Dan orang-orang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan rasulNya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah, sesungguhnya, Allah Maha Perkasa Lagi Maha Bijaksana. (QS. At Taubat:71)

Ayat tersebut juga menerangkan bahwa sholat itu suatu rangkaian iman. Yang mendirikan sholat itulah mu’min yang benar; yang sungguh-sungguh menegakkan perumahan Islam. Oleh karena itu janganlah sekali-kali kita melalaikan sholat. Allah berfirman di dalam Al Quranulkarim :
يَااَ يُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْا لاَتُلهِكُمْ اَمْوَالُكُمْ وَلاَاَوْلاَدُكُمْ عَنْ ذِكْرِاللهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذلِكَ فَأُولئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

Artinya :
Hai orang-orang yang beriman. Janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi (QS. Al Munafiqun :9)

Hadirinalkirom rohimakumulloh,…
Marilah kita tingkatkan kwalitas sholat kita, karena sholat merupakan kunci diterimanya amal ibadah yang lain, sebagaimana sabda Rasulullah :
اَوَّلُ مَايُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الصَّلاَةُ فَاِنْ صَلُحَتْ صُلُحَ سَائِرُعَمَلِهِ وَاِنْ فَسَدَتْ فَسَدَ سَائِرُ عَمَلِهِ

Artinya :

Yang mula-mula dikoreksi amalan seorang hamba besok pada hari pembalasan, ialah sholatnya. Jika amal sholatnya baik, maka amal-amal lainnya akan ikut baik (diterima). Dan jika amal sholatnya rusak, maka amal-amal lainnya akan rusak pula (tidak diterima). HR Thabrani.

Oleh karena itu marilah kita segera mengangkat kedua tangan, sebelum datangnya ajal, memohon kehadirat Allah agar tetap dijadikan sebagai orang-orang yang mendirikan sholat.
Rasulullah SAW mengingatkan kepada kita :
كَمْ مِنْ مُسْتَقْبِلٍ يَوْمًا لاَيَسْتَكْمِلُهُ . وَمُنْتَظِرٍ غَدَا لاَيَبْلُغُهُ . لَوْنَظَرْتُمْ اِلَى اْلاَجَلِ وَمَسِيْرِهِ َلاَبْغَضُهُمْ اْلاَمَلَ وَغُرُوْرَهُ

Artinya :
Banyak orang yang menghadapi satu hari, ternyata tidak mencapai sepenuhnya, dan banyak pula orang yang menunggu hari esok ternyata tidak sampai kepadanya. Kalau kalian memandang ajal kematian dan perjalanannya, niscaya menjadi benci lamunan dan tipuannya (HR Al Dailami)

Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan kekuatan kepada kita untuk tetap mendirikan sholat lima waktu dan menjadikan kita semua orang-orang yang beruntung fiddunya wal akhiroh.
Amin yaa robbal ‘alamin.
بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ . وَنَفَعَنِىْ وَاِيَّاكُمْ ِبمَافِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِالْحَكِيْــمِ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْوَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْـنَ


Aksi

Information

One response

4 11 2010
Aneh tapi Nyata

Pesan terakhir nabi kan, “Peliharalah shalatmu!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: