Kontroversi Adam Malik Agen CIA : Tim Weiner Telah 20 Tahun Menulis Tentang CIA

24 11 2008

Washington – Buku “Legacy Of Ashes The History Of CIA” merupakan buku ketiga yang ditulis seorang wartawan The New York Times, Tim Weiner. Dalam buku tersebut, Adam Malik disebut-sebut merupakan agen CIA, badan intelijen AS.

Terlepas dari benar tidaknya hal itu, penulis buku tersebut, Tim Weiner bukanlah penulis kacangan.

Pria berusia 52 tahun itu pernah meraih penghargaan bergengsi Pulitzer Prize. Bahkan karena bukunya “Legacy Of Ashes The History Of CIA” laris manis, Weiner telah mendapatkan kontrak baru untuk menulis dua buku lagi bertema keamanan nasional. Satu buku mengenai sejarah FBI dan buku lainnya mengenai sejarah militer AS sejak Perang Dunia II.

Menurut Weiner seperti dilansir Observer.com, kemungkinan dirinya bakal butuh waktu 5-6 tahun untuk mengerjakan kedua buku tersebut.

Weiner telah menulis tentang CIA, badan intelijen Amerika itu selama 20 tahun terakhir. Dia telah bepergian ke Afghanistan dan negara-negara lain untuk menyelidiki operasi tersembunyi CIA.

Selain itu Weiner juga telah pergi dan melaporkan dari 18 negara, termasuk Pakistan, Sudan, Liberia, Kuba, Haiti dan Filipina untuk meliput perang, kudeta dan kebijakan luar negeri AS.

Weiner bergabung dengan koran ternama AS, The New York Times pada tahun 1993. Dia pernah menjadi koresponden keamanan nasional di Washington dan koresponden asing di Meksiko.

Weiner meraih Pulitzer Prize pada tahun 1988. Penghargaan itu diraihnya sewaktu menjadi reporter investigasi di media Philadelphia Inquirer. Weiner meraih Pulitzer tersebut untuk tulisannya soal laporan nasional AS mengenai pembelanjaan Pentagon dan CIA.

Tulisannya itu kemudian dituangkan dalam bentuk buku. Pada tahun 1990, Weiner pun meluncurkan buku pertamanya, yang berjudul “Blank Check: The Pentagon’s Black Budget”.

Mulai tahun 1993 hingga 1999, Weiner menjadi reporter biro Washington yang meliput CIA untuk The New York Times.

Weiner pun meluncurkan buku ketiganya berjudul “Legacy of Ashes: The History of the CIA” yang menjadi pemenang non-fiksi penghargaan National Book Award 2007 dan merupakan salah satu buku terlaris di AS dan Inggris.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: