Pikat dan Tipu Pria dengan Wajah ‘Download’

2 07 2008
Ilustrasi: internet.

GRESIK, RABU – Wiwin Suindah (19), warga Jl Kapten Dulasim, Kelurahan Singosari, Kecamatan Gresik, lihai juga memanfaatkan teknologi untuk mencari uang. Ia memanfaatkan internet berikut semua fasilitasnya untuk menipu para pemuda yang tergiur kecantikan wajah.

Namun, akhirnya gadis lulusan kejar paket C (setara SMA) ini harus mendekam di tahanan Polres Gresik setelah dijebak korbannya, Fahriyan Rosadi, 20, di Jl Sulawesi Perum GKB Gresik, Senin (30/6) malam. Ulah pelaku terendus ketika Riyan, panggilan Fahriyan, curiga pada gelagat pelaku.

Sebelumnya, korban mengenal Wiwin lewat telepon, 14 Juni 2008. Saat itu Wiwin memperkenalkan diri sebagai Irinda Putri. Beberapa kali, Wiwin mengirim foto gadis berwajah cantik melalui email dan menyatakan itu foto dirinya. Keduanya lantas menjadi sepasang kekasih.

Selama itu, kedua anak muda itu tidak pernah bertatap muka, dan berkomunikasi lewat telepon dan chatting di internet. Meski begitu, Riyan sudah mabuk kepayang. Saat itulah Wiwin alias Irinda mengaku butuh uang untuk melunasi utangnya. Karena sudah menganggap gadis itu sebagai pacarnya, Riyan tak berat hati meluluskan permintaan itu. Uang tunai Rp 1.825.000 dan ponsel SonyEricsson pun berpindah tangan.

Uang itu diambil Wiwin dari tangan Riyan secara langsung, namun dengan sedikit sandiwara. Caranya, Wiwin menemui mangsanya dengan cara mengaku sebagai teman Irinda yang diminta tolong sang ‘kekasih’ untuk mengambil uang itu. “Irinda lagi sibuk,” katanya. Korban percaya begitu saja. Sebab, saat bertemu, Wiwin membawa foto yang sama yang pernah dikirim melalui email.

Kecurigaan Riyan muncul ketika secara tidak sengaja ia melihat nomor ponsel Wiwin di ponsel temannya. Usut punya usut, teman Riyan juga menjadi korban penipuan dengan modus yang sama.

“Korban lalu menjebak pelaku ketika pelaku meminta uang untuk membeli handycam. Namun Riyan sebelumnya sudah lapor polisi. Begitu pelaku datang, polisi pun menangkapnya,” ujar seorang penyidik di unit PPA Mapolres Gresik, Selasa (1/7).

Riyan mengaku semula tidak curiga. Uang yang pernah diberikannya ke pelaku diberikan secara bertahap. Mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 500.000. “Dia ngakunya pinjam untuk bayar utang,” kata Riyan di Mapolres ketika melaporkan kejadian itu.

Saat diperiksa, pelaku mengatakan mendapatkan nomor telepon Riyan dari seorang teman. Lantas pelaku menelepon korban dan beberapa kali mengirimi foto cewek berparas ayu lewat email. “Foto itu saya download di internet,” kata Wiwin.

Soal uang yang diterimanya dari korban, pelaku berkilah sudah habis dipakai untuk membayar utang. Namun kepada penyidik lain, pelaku juga mengatakan dirinya terpaksa melakukan itu karena butuh biaya untuk bapaknya yang sedang sakit. “Saya terpaksa,” kata cewek berambut sebahu berkulit sawo matang ini.

Wiwin ketika ditangkap polisi sebenarnya masih berstatus terdakwa yang dijerat pasal 378 KUHP dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Pelaku berstatus tahanan kota Kejari Gresik karena perbuatannya pada Desember 2007 lalu itu. Dan kasusnya tengah dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Gresik.
Saat itu korban dilaporkan Syaiful Anas (19), warga Jl Sindujoyo, Kecamatan Gresik, ke polisi pada 4 Maret 2008. Hampir sama dengan kejadian yang menimpa Riyan, Syaiful Anas juga terpikat dengan pelaku ketika disodori wajah perempuan ayu. Setelah mau diajak pacaran, korban terbujuk dan menyerahkan uang hingga sekitar Rp 2 juta.

Kasat Reskrim Polres Gresik AKP Fadli Widiyanto menyatakan pihaknya bakal menahan pelaku selama masa penyidikan. Sebab, kasus lama belum selesai, tapi pelaku mengulangi aksinya lagi. “Dia kami jerat dengan pasal penipuan. Ancaman hukumannya maksimal 4 tahun penjara,” jelas AKP Fadli Widiyanto. (ST3)


Aksi

Information

One response

5 07 2008
aglc

JUST INFO….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: