NASA: Phoenix Temukan Es di Mars

23 06 2008

LOS ANGELES – Ilmuwan Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA) optimistis ada kandungan air yang berpotensi melahirkan kehidupan di Mars. Itu terjadi setelah mereka yakin bahwa parit yang digali robot Phoenix di permukaan Mars mengandung es. Sebelumnya, NASA gagal menemukan “jejak” air pada sampel tanah yang diambil Phoenix.

“Zat berwarna terang yang sempat diabadikan Phoenix ketika menggali parit tersebut adalah air yang membeku. Tapi, zat tersebut menguap setelah cukup lama terpapar di udara bebas,” kata Peter Smith dari University of Arizona, Tucson, kemarin (20/6). Menguapnya zat yang ditemukan Phoenix tersebut membuat ilmuwan NASA yakin bahwa memang ada jejak air di Mars.

NASA menyebutkan, zat yang diyakini sebagai es itu ditemukan di dasar parit Dodo-Goldilocks dan dipotret pada 15 Juni lalu. Saat Phoenix kembali meninjau bagian parit yang sama kemarin, zat berwarna terang itu sudah tidak terlihat. “Beberapa kepingan zat itu sudah menguap,” jelas NASA dalam pernyataan tertulisnya. Semula, zat itu diidentifikasi sebagai garam. Namun, garam tidak menguap.

Bersamaan dengan itu, lengan robot Phoenix dilaporkan menyentuh permukaan keras saat menggali parit lain kemarin pagi. Saat itu, lengan robot Phoenix berada dalam posisi memegang setelah tiga kali penggalian. Ilmuwan NASA berharap permukaan keras tersebut adalah lapisan es Mars. Penyelidikan lebih dalam pun dilakukan di parit yang lantas disebut Snow White 2 tersebut.

Selain melaporkan penemuan jejak air di Planet Merah itu, NASA menginformasikan sedikit kendala teknis yang dihadapi Phoenix. Robot yang dikirim untuk mengidentifikasi tanda-tanda kehidupan di Mars tersebut gagal mengirimkan informasi tepat waktu ke bumi. “Akibatnya, ada beberapa gambar yang hilang dan proses investigasi pun terpaksa tertunda sekitar 24 jam,” tulis NASA.(AP/AFP/hep/ami)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: