Komputer Ngadat, Robot Angkasa Mogok di Mars

22 06 2008

Phoenix Lander (foxnews)

Los Angeles – Robot angkasa Phoenix Lander telah menjalankan misi utamanya, mengorek kemungkinan adanya kehidupan di planet Mars. Namun belum lama ini, Phoenix sempat mogok bekerja karena komputernya rusak.

Awalnya, Phoenix menggali sebuah materi dari tanah Mars. Robot canggih itu lalu mencoba mengambil gambar dan menyimpannya di komputer internal. Namun overload data membuat sang robot tak bisa melakukannya.

Dikutip detikINET dari News10, Jumat (20/6/2008), ilmuwan NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang mengkreasi Phoenix mengatakan bahwa kerusakan ini tak sampai mengakibatkan hilangnya data penting.

“Memang ada sesuatu yang hilang. Namun untungnya tidak terlalu krusial,” ungkap ilmuwan Ray Arvidson yang turut menggawangi misi Phoenix ini.

Gangguan ini terlacak setelah Phoenix secara abnormal mengirim data sampai 45.000 kali. Dayanya pun habis dan tak berfungsi seharian. Normalnya, sang robot seharusnya menyimpan dulu data yang didapatnya di flash memory.

Ilmuwan NASA menyatakan sudah memperbaiki kerusakan itu meski penyebabnya belum diketahui pasti. Beberapa aktivitas Phoenix pun terpaksa dibatalkan untuk memulihkan sistem seperti sedia kala.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: