Bermesraan dengan Robot Tinggal Tunggu Waktu

17 06 2008

MAASTRICHT – Hubungan romantis antara manusia dengan robot tampaknya bukan sekadar dongeng fiksi sains. Dalam empat dekade mendatang, para peneliti memprediksi manusia bakal bisa bermesraan dengan robot.

“Yang saya maksud adalah hubungan percintaan antara manusia dengan robot,” kata David Levy, penulis buku Love + Sex with Robots, dalam konferensi internasional di University of Maastricht, Belanda, pekan lalu. Dia optimistis hubungan tidak lazim itu akan terwujud pada 2050, bahkan lebih cepat. Saat ini, lanjut dia, para ilmuwan sedang berupaya merealisasikan hal tersebut.

Menurut Levy, dalam menjalin kasih dengan manusia, robot-robot humanoid tidak sekadar berfungsi sebagai mesin seks. “Robot-robot itu dirancang memiliki emosi, kepribadian, dan kesadaran,” ujarnya. Robot-robot canggih tersebut juga bisa berbicara, menghibur, dan mengucapkan “I love you“.

Sebagai langkah awal, dalam waktu lima tahun mendatang, robot sex toy tersebut akan beredar di pasaran. “Itu semacam upgrade sex doll yang sering ditemukan di pasaran sekarang,” ungkapnya.

Selanjutnya, para ilmuwan akan melengkapi robot sex toy tersebut dengan perasaan dan emosi. Dibutuhkan sekitar 35 tahun untuk “memanusiakan” robot-robot itu. “Bagian yang paling sulit adalah menanamkan kemampuan berkomunikasi,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, robot humanoid yang bisa menjadi kekasih manusia itu akan dilengkapi dengan sensor suara elektronik. Sensor tersebut memungkinkan robot-robot itu bersuara seperti manusia saat menerima rangsangan erotis. “Saya yakin itu akan terwujud dalam 40 tahun, bahkan lebih cepat,” ucapnya.

Namun, optimisme Levy tersebut diragukan oleh ilmuwan Inggris Dylan Evans. “Yang sangat esensial tentang hubungan percintaan adalah mengasihi tanpa syarat. Robot tidak bisa memilih atau menolak Anda,” tegasnya. (AFP/hep/soe)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: