Astronom Temukan Tiga ”Bumi Super

17 06 2008

WASHINGTON – Sekelompok peneliti Eropa menyatakan telah menemukan tiga super-Earth, planet mirip bumi dengan massa lebih besar. Ketiganya mengorbit pada bintang di dekatnya. Tim peneliti ini juga mengaku menemukan dua tata surya lain.

Dalam sebuah konferensi di Prancis, tim Eropa tersebut mengatakan, temuan itu menunjukkan bahwa planet mirip bumi mungkin saja sangat banyak di jagat raya ini. ”Akankah itu berarti tiap bintang pasti dikelilingi planet-planet? Kalau ya, berapa? Kita belum bisa menjawab pertanyaan itu sekarang. Tapi, kita telah mengalami kemajuan besar,” kata Michel Mayor dari Geneva Observatory di Swiss.

Ditambahkan Mayor, ketiga planet mirip bumi tersebut mengorbit pada sebuah bintang yang sedikit lebih kecil daripada matahari. Letak bintang itu sekitar 42 tahun cahaya di sebelah selatan konstelasi Doradus dan Pictor.

Massa ketiga planet tersebut lebih besar daripada bumi. Planet pertama 4,2 kali bumi, yang kedua 6,7 kali bumi, dan yang ketiga 9,4 kali massa bumi. Namun, kecepatan mengorbit mereka luar biasa. Yang paling cepat mengorbit dalam empat hari, yang kedua 10 hari, dan yang paling lambat 20 hari. ”Bandingkan dengan bumi yang mengorbit matahari dalam 365 hari,” tambahnya.

Temuan itu didapatkan tim Mayor dengan memanfaatkan High Accuracy Radial velocity Planet Searcher (HARPS), teleskop di La Silla observatory di Cile. Sejauh ini, 270 exoplanets telah ditemukan, kebanyakan berukuran sangat besar, mirip Jupiter atau Saturnus. Planet-planet lebih kecil yang mendekati ukuran bumi jauh lebih sulit dilacak. ”Tapi, dengan peralatan seperti spektograf HARPS, kita sekarang bisa menemukan planet-planet yang lebih kecil, yang massanya 2-20 kali massa bumi,” kata Stephane Udry, peneliti lain dalam tim tersebut.

Tim Eropa itu mengaku juga menemukan sebuah planet dengan massa 7,5 kali bumi. Planet tersebut mengorbit pada bintang HD 181433 dalam 9,5 hari. Bintang itu juga memiliki planet mirip Jupiter yang mengorbit tiap tiga tahun.

Tata surya lain yang mereka temukan memiliki planet dengan massa 22 kali bumi yang mengorbit tiap empat hari, serta planet mirip Saturnus yang mengorbit tiap tiga tahun. ”Jelas, planet-planet ini hanya puncak gunung es. Analisis kami menunjukkan, sekitar sepertiga dari bintang-bintang mirip matahari memiliki super Earth atau planet mirip Neptunus dengan kecepatan mengorbit 50 hari,” papar Mayor. (Rtr/dia/soe)


Aksi

Information

6 responses

18 06 2008
hotelmalang

Wah, 42 tahun cahaya ya…
Kalo sekarang percepatan teknologinya baru sampai ke tahap pengiriman wahana tanpa awak ke mars dan era pesawat berpendorong roket sekali pakai…., mungkin dua abad lagi baru ada wahana mendekati kecepatan cahaya…

C U there on 3008 pals!😉

20 06 2008
teksuno

banyak dong tetangga kita…

26 10 2009
Yanuarida

Dgn ditemukannya super bumi ilmu pengetahuan akan lebih berkembang dgn pesat, tapi persoalannya apa mungkin di masa yg akan datang semua manusia bisa hijrah kesana setelah bumi yg kita tempati sekarang sudah tidak dapat menyokong kehidupan manusia lagi, selain itu apa manusia bisa beradaptasi dg lingkungan disana yg periode orbitnya sangat cepat yaitu 20 hari tw 10 hari atau bahkan 4 hari. Jadi kita ulang tahunnya setiap 4 hari sekali donk! Cape’ dech….

30 11 2010
riry

he…eh,

14 09 2011
Bram

Sangat skeptis…

9 10 2011
Hari

Wah…,42 tahun cahaya?! Kira2 motr vega R saya bisa nyampai sana g ya??ah…besok mah modif dlu,biar kcepatannya mncapai 1 th cahaya per detik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: