PENS (SELALU ) JUARA KONTES ROBOT INDONESIA

15 06 2008

JAKARTA – Robot-robot regional IV (Jatim) mendominasi final Kontes Robot Indonesia (KRI) di Balairung Universitas Indonesia (UI), Jakarta, kemarin. Seluruh tiket perdelapan final diborong tim dari kampus-kampus asal Jatim.

Ketua Dewan Juri KRI Endra Pitowarno mengatakan, kekuatan tim-tim regional IV memang tidak tertandingi. “Regional IV betul-betul luar biasa. Mereka merajai babak final,” kata Endra saat dihubungi Jawa Pos kemarin (14/6).

Dalam babak penyisihan, tim-tim asal Jatim, di antaranya, ITAT_Tsu (ITATS), Ken Arok (Poltek Negeri Malang), Jump-be (PENS ITS), Pozter MPX (Unhas), Ghen_L48E (Ubhara Surabaya), Khil_G (Unibraw), Koumori (ITS), dan Rengganis (Unesa) mampu menunjukkan strategi baru. Jump-be, Pozter MPX, dan Rengganis bahkan sempat govinda (mendapat nilai sempurna).

Endra optimistis, di perdelapan final nanti kekuatan tim-tim tersebut bakal terus stabil. Sayang, sambung dia, ada empat tim yang harus saling bertemu di perdelapan final. Yakni, tim ITATS dan Poltek Negeri Malang serta robot Ubhara dan Unibraw. “Terpaksa mereka bertemu dan saling menghabisi,” kata dosen PENS-ITS itu.

Tim-tim dari regional lain bukannya tampil jelek. Mereka juga menampilkan performa luar biasa. Termasuk peserta dari UI dan UGM. Kedua perguruan tinggi negeri (PTN) favorit itu juga memiliki strategi yang tidak kalah anyar.

Bagaimana prediksi Endra ke depan? Ahli robotika tersebut yakin, pasti bakal ada di antara delapan tim asal regional IV tersebut yang masuk final. “Prediksi saya, finalnya, kedua-duanya dari ITS. Jump-be dan Koumori,” katanya.

Prediksi itu dilihat Endra dari pemosisian tim. Hari ini, Jump-be bakal bertemu Ganash (UNY) dan Koumori bertemu Blue Rocks (Universita Budi Luhur Jakarta). Jump-be termasuk tim atas, sedang Koumori tim bawah. Sangat mungkin mereka akan bertemu di final.

Pada final KRI 2007 di kampus ITS 11 Juni lalu, tim robot G-Rush dari PENS-ITS dinyatakan sebagai juara. Waktu itu, tim robot G-Rush berhasil menjadi juara setelah terjadi all PENS ITS final dengan mengalahkan tim robot Q-Numb-On.

Menariknya, sejak KRI dilaksanakan pada 1993 lalu, tim robot dari PENS-ITS selalu menjadi juara. Bahkan, robot B-Cak PENS-ITS pernah menjadi juara dunia dalam kontes robot di Jepang pada 2001.

Selain menjadi juara pertama dan berhak atas Piala Sambawana Praminacara, G-Rush juga meraih dua penghargaan. Yakni, tim robot dengan poin terbanyak dan tim dengan IT terbaik. Sebagai juara, G-Rush PENS-ITS juga berhak mewakili Indonesia ke kontes robot internasional di Vietnam. (ara/hud)


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: