Google dan Depkeu.go.id Sudah ‘Rujuk’

11 06 2008

Wicaksono Hidayat – detikinet


Hasil Pencarian Depkeu di Google

Jakarta – Google sempat menempelkan peringatan pada penggunanya yang dalam hasil pencariannya muncul halaman dari situs Depkeu.go.id. Jika pengguna berusaha mengakses situs resmi Departemen Keuangan Republik Indonesia itu, Google akan menampilkan peringatan bahwa situs itu memiliki risiko bagi keamanan komputer pengguna.

Berdasarkan pengamatan detikINET, Rabu (11/6/2008), kurang lebih pada pukul 11:30 WIB, peringatan itu tak lagi dimunculkan oleh Google. Biasanya, sebuah peringatan dicabut oleh Google setelah diyakini tak ada lagi program jahat yang mendompleng situs yang dimaksud.

Proses pemberian peringatan oleh Google dilakukan secara otomatis lewat sistem yang dikenal sebagai ‘Safe Browsing’. Google juga bekerjasama dengan organisasi StopBadware.org dalam menginformasikan adanya situs berbahaya.

Agar peringatan dari Google tak lagi muncul, sebuah situs harus menjalani pemindaian ulang oleh Google. Proses pemindaian ulang ini bisa diajukan melalui situs StopBadware.org maupun melalui layanan Webmaster Tools dari Google.

Agaknya, dalam kasus Depkeu.go.id, situs tersebut telah diuji ulang oleh Google dan terbukti tidak lagi mengandung program jahat. Namun StopBadware.org menyarankan pengelola situs untuk menutup celah-celah keamanan agar kejadian serupa tidak terulang.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: