Dijual US$ 199, Mengapa iPhone 3G Bisa Murah?

10 06 2008

Dewi Widya Ningrum – detikinet


iPhone 3G (ist.)

Jakarta – Dengan beragam fitur canggih yang ditautkan pada iPhone 3G, timbul pertanyaan dari berbagai pihak: mengapa iPhone 3G bisa dijual dengan harga murah?

Umumnya, sebuah ponsel dengan memori lebih besar, dilengkapi teknologi 3G dan GPS serta daya tahan baterai yang lebih lama seharusnya dijual dengan harga lebih tinggi dari pendahulunya. Namun tidak dengan iPhone anyar ini.

iPhone 3G berkapasitas memori 8GB hanya dijual US$ 199, sedangkan versi 16GB dibandrol US$ 299, lebih murah dari versi terdahulunya. Demikian dikutip detikINET dari PCWorld, Selasa (10/6/2008).

Tentu saja semakin hari harga teknologi makin turun, namun biasanya vendor menahan harga jualnya dulu di level yang tinggi, terlebih ada fitur baru yang ditambahkan.

Menurut pengamat pasar iSuppli, Tina Teng, mungkin ada komponen dalam iPhone 3G yang mengalami penurunan harga (khususnya memori). Hal senada disampaikan Vice President Gartner, Ken Dulaney. Menurutnya, semakin banyak penawaran sebuah komponen, maka harganya akan lebih murah.

Bagaimana dengan bahan plastik yang digunakan sebagai casing iPhone? Menurut Teng, hal ini tidak akan berpengaruh pada durabilitas dan fungisonalitas.

Sementara itu Dulaney menambahkan, kemungkinan ada program subsidi yang ditautkan ke iPhone. Buktinya, lanjut Dulaney, AT&T menyatakan akan mengambil keuntungan dengan menjual iPhone berupa meningkatnya layanan data perusahaan.

AT&T tampaknya sadar bahwa potensi pelanggan yang bisa diperolehnya cukup besar dengan menjual iPhone. Belum lagi, iPhone dijanjikan akan tersedia secara bertahap di 70 negara di dunia hingga akhir 2008.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: