Doa Para Nabi

4 03 2009

Di bawah ini kami sajikan beberapa contoh pilihan doa yang pernah dicontohkan oleh para Nabi dan Rossul :

  1. Doa Nabi Adam

“ Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin “ (

Artinya :

Ya Allah , kami telah mendholimi pada diri kami sendiri, jika tidak engkau ampuni kami dan merahmati kami tentulah kami menjadi orang yang rugi.

  1. Doa Nabi Nuh

“ Robbi inni audzubika an as alaka maa laisalli bihi ilmun wa illam tagfirli watarhamni akum minal khosirin “ (surat Hud; 47)

Artinya :

Ya Tuhanku sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari sesuatu yang aku tidak mengetahui hakekatnya, dan sekiranya tidak Engkau ampuni dan belas kasih niscaya aku termasuk orang – orang yang merugi

  1. Doa Nabi Ibrahim

“ Robbana taqobal minna innaka anta sami’ul alim wa tub alaina innaka antat tawwaburrokhim “ (al baqarah; 128-129)

Artinya :

Ya Tuhan kami terimalah amalan kami sesungguhnya Engkau maha mendengar dan Mengetahui, dan termalah taubat kami, sesungguhnya Engkau penerima taubat lagi Maha Penyayang.

“ Robbi ja alni muqimas sholati wa min dzuriyyati, robbana wa taqobal doa, Robbannagh firli wa li wa li dayya wa li jamiil mukminina yauma yaqumul hisab “ (ibrahim ; 40 -41)

Artinya :

Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang – orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhanku perkenankanlah doaku , ya Tuhanku beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan seluruh orang mukmin, pada hari terjadinya hisab.

  1. Doa Nabi Yunnus

“ Lailaha illa anta subhanaka inni kuntum minadh dholimin “ (al anbiya;87)

Artinya :

Tidak ada Tuhan Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku orang yang dholim

  1. Doa Nabi Zakariya

“ Robbi latadzarni wa anta choirul warisin “ (an biya ; 89)

Artinya :

Ya Allah janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri, sesungguhnya engkau pemberi waris yang paling baik

“ Robbi habli miladunka duriyattan, thoyibatan innaka sami’ud du’a “ (ali imron;28)

Artinya :

Ya Tuhan berilah aku seorang anak yang baik dari sisiMu, sesungguhnya Engkau maha pendengar Doa

  1. Doa Nabi Musa

“ Robis shrohli shodri wa ya shirli amri wah lul uqdatam mil lissani yah khohu khouli “ (Thoha ; )

Artinya :

Ya Tuhanku lapangkanlah dadaku, dan lancarkanlah lidahku serta mudahkanlah urusanku

“ Robbi inni dholamtu nafsi fa firlhi “ (al qhosos ; 16)

Artinya :

Ya Allah aku menganiaya diri sendiri, ampunilah aku

“ Robbi Naj jini minal qumid dholimin “ (

Artinya :

Ya Tuhan lepaskanlah aku dari kaum yang dholim

“ Robbi ini lima anzalta illayya min khoirin faqir “ (al qhosos; 24)

Artinya :

Ya Tuhanku sesungguhnya aku memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku

“ Robbi firli wa li akhi wa adkhilna fi rohmatika, ya arhamar rokhimin “ (

Artinya :

Ya Tuhanku ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam rahmatMu, dan Engkau Maha Penyayang diantara yang menyayangi

  1. Doa Nabi Isa

“ Robbana anzil alaina ma idatam minas samai taqunu lana idzal li awalina, wa akhirina, wa ayyatam minka war zukna wa anta khoiru roziqin “ ( al maidah ; 114)

Artinya :

Ya Tuhanku turunkanlah pada kami hidangan dari langit, yang turunnya akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang – orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rejeki dan Engkaulah pemberi rejeki yang paling baik.

  1. Doa Nabi Syuaib :

“ Robbana taf bainana, wa baina kaumina bil haqqi , wa anta khoirul fatihin “ (A araf; 89)

Artinya :

Berilah keputusan diantara kami dan kaum kami dengan adil, Engkaulah pemberi keputusan yang sebaik – baiknya.

  1. Doa Nabi Ayyub :

Robbi inni masyaniyad durru wa anta arhamur rohimin “

Artinya :

Bahwasanya aku telah ditimpa bencana, Engkaulah Tuhan yang paling penyayang diantara penyayang.

  1. Doa Nabi Sulaiman

“ Robbi auzidni an askhuro ni’matakallati an amta allaya wa ala wa li dayya wa an a’mala sholikhan tardhohu wa ad khilni birrohmatika fi ibadikas sholikhin “ (an naml; 19)

Artinya :

Ya Tuhan kami berilah aku ilham untuk selalu mensyukuri nikmatmu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, dan kepada kedua ibu bapakku dan mengerjakan amal sholeh yang Engkau ridloi, dan masukkanlah aku dengan rahmatMu kedalam golongan hamba-hambMu yang Sholeh.

  1. Doa Nabi Luth

“ Robbi naj jini wa ahli mimma ya’malun “

Artinya :

Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan

“ Robbin surni alal kaumil mufsidin “ (assyu araa ; 169)

Artinya :

Ya Tuhanku tolonglah aku dari kaum yang berbuat kerusakan

  1. Doa Nabi Yusuf

“ Fatiros samawati wal ardli anta fiddunya wal akhiro tawwaffani musliman wa al hiqni bissholihin “ (yusuf ; 101)

Artinya :

Wahai pencipta langit dan bumi Engkaulah pelindungku di dunia dan akhirat wafatkanlah aku dalam keadaan pasrah (islam), dan masukkanlah aku dengan orang – orang sholeh.

  1. Doa Nabi Muhammad

“ Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hassanah wa qina adza bannar “ (hadist)

Artinya :

Ya Tuhanku berikanlah aku kebaikan di dunia dan akhirat, dan jauhkanlah aku dari api neraka

“ Robbana latuzig qullubana ba’daidz haddaitana wahabblana miladunka, rohmatan innaka antal wahab” (Ali Imron; 8)

Artinya :

Ya Tuhanku janganlah Engkau palingkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk, dan berilah kami rahmat, sesungguhnya Engkau adalah dzat yang banyak pemberiannya.

About these ads

Aksi

Information

37 responses

25 06 2009
Ahmad

makasih do’a do’anya.. saya cari di internet, yang nge-post do’a sepertinya dihapus oleh pemilik web..

27 08 2009
Sanggar Kicau

thanks ya…

8 11 2009
YIN

Thx’z

14 12 2009
Sari Amsir

Terima kasih untuk ayat2 yang indah ini…

8 04 2010
Hendy Irawan

Doa “Robbana atina” adalah dari Q.S. Al Baqarah ayat 201

20 12 2010
killer bee

bener kata Hendy Irawan, Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hassanah wa qina adza bannar ada di qs albaqoroh ayat 201

19 08 2014
Riri Hariri

keutamaan apa ya? mohon dijelaskan sy kurang paham :)

22 09 2010
yokie

jazakumulloh khairan katsiraa

26 09 2010
ferdy

Terima kasih atas upload doa2 nya, dengan web ini mudah2an semua umat islam bisa teringat kembali fadihat dari doa2 Rassull nya.. Amin Ya Allah..

10 10 2010
isol

makasih doa2 para nabi jd tau dan tambah ilmu

22 10 2010
rahmat

sebelumnya minta maaf, saya mau koreksi untuk doa nabi Zakaria AS. itu ada di surat Ali Imran(QS:3) ayat 38, bukan ayat 28, maksih

18 12 2010
malik ibrahim

lebih bagus kl ada aksara arabnya mas

18 06 2011
rafaqo

Assalamu’alaikum
smoga kita dpt mengamalkanya…
aamiin…

18 09 2011
wijaya anggara si pitung

hehehe jazzakallahu kher wan hehehehe

27 09 2011
siti

insyaalloh.sebuah tabungan untuk anda di akhirat, semoga menjadi jalan pembuka rahmat bagi anda, wassalam

26 12 2011
Ira Dsini

terimakasih…. jd dpt bacaan yg bermanfaat…

20 02 2012
salakkecutAnova

terimakasih…

12 03 2012
rahmad tri

insyaAllah jadi pedoman.

16 06 2012
Khamis Talib

Minta izin copy untuk amalan harian, terima kasih.
Jazakumullah

23 07 2012
febri putra

koreksi:
“ Robbi habli miladunka duriyattan, thoyibatan innaka sami’ud du’a “ (ali imron;28)
seharusnya Ali Imron: 38 bukan 28.
terima kasih…smoga bermanfaat,,,

25 08 2012
firmansyah mufti

Saya agak ragu kesesuaian dqn bacaan latin vs arab tks

27 08 2012
febri putra

@firmansyah mufti: itu kan dari Al Qur’an,kalo ragu,mending sambil dibuka Al Qur’an-nya aja.trus ditulis ulang Arabnya,buat catatan pribadi.
itu hanya saran aja… :)

1 09 2012
yuwan

izin copy gan.. Thanx

6 09 2012
a. dadan

Assalamu’alaikum wr…wb..
Mohon izin copy , terima kasih.
Jazakumullah

27 09 2012
Vero

Assalamu’alaikum wr…wb..
kang mas Mohon izin copy & share, dan smoga bermanfaat untuk sesama. Terima kasih.

7 12 2012
Bang Uddin

Indahnya hidup saling ingat mengingati…
Orang-orang mukmin itu bersaudara dan senantiasa memperbaiki dan memperelokkan persaudaraan mereka daripada masa ke semasa. Janganlah ada di dalam hati-hati kita ini walau sedikitpun rasa tidak baik yakni niat jahat kepada sesama kita. Walaupun adakalanya kita memandang daripada sudut yang berbeza, hakikatnya hanya Allah SWT sahaja yang Maha Mengetahui. Marilah kita sama-sama berdoa:

Rabbana dzolamna anfusana waillam taghfirlana wa tarhamna lanakunanna minal khorsirin;
Rabbanagh firlana zunubana, waliikhwaninallazina sabuna bil iman, wala taj’al fi qulubina ghillallillazina amanu, Rabbana innaka Raufur Rahim;
Rabbana la tuzigh qulubana ba’da izhadaitana wahab lana minladunka rahmah, innaka antal wahhab;
Rabbana hab lana min azwajina wa zurriyatina qurrata a’yun, waj’alna lilmuttaqina imama;
Rabana la taj’alna fitnatal lilqaumiz dzolimin, wa najjina birohmatika minal qaumil kafirin;

Ya Allah, sesungguhnya kami bermohon pertolongan Mu, kami meminta ampun kepada Mu, kami memohon petunjuk dari
Mu, kami beriman kepada Mu, kami berserah kepada Mu dan kami memuji Mu dengan segala kebaikan, kami mensyukuri dan tidak mengkufuri Mu, kami melepaskan diri daripada sesiapa yang durhaka kepada Mu.
Ya Allah, Engkau yang kami sembah dan kepada Engkau kami bersalat dan sujud, dan kepada Engkau jualah kami datang bergegas, kami mengharap rahmat Mu dan kami takut akan azab Mu kerana azab Mu yang sebenar akan menyusul mereka yang kufur.
Ya Allah, Muliakanlah Islam dan masyarakat Islam. Hentikanlah segala macam kezaliman dan permusuhan, Bantulah saudara-saudara kami di mana sahaja mereka berada. Angkatlah dari mereka kesusahan, bala, peperangan dan permusuhan.
Ya Allah, selamatkanlah kami dari segala keburukan dan janganlah Engkau jadikan kami tempat turunnya bencana, hindarkanlah kami dari segala bala kerana tidak sesiapa yang dapat menghindarkannya melainkan Engkau, ya Allah.

Rabbana atina fid dunya hasanah, wafil akhirati hasanah, waqina ‘azabannar;

Allahummakhtim lana bihusnil khotimah, bikalimati la ilaha illallah, wala takhtim ‘alaina bisuil khotimah.

Allahu A’lam Bissawab. Wassalamu’alaikum.

16 12 2012
Faizin al majdub

Robana ya robana dzolamna angfusana failam tahfir lana lana kunana minal khosirin

doa nabi adam ketiga minta ampun setelah dilempar ke alam dunia yang sangat bau bangkaiy ini

21 12 2012
adam

Makasih bnyk y,, smoga km diberkahi & slalu dlm lindunganNya,, amiiin,,

18 01 2013
Dyah

Jazakallah khoir ..:-D

12 05 2013
Josep

MAHA SUCU ALLH Dengan segala firmanya ………

16 07 2013
quthubm

Reblogged this on Quthub Blog.

22 07 2013
HERY KUSNADI, SH

ASALAMUALAIKUM WW. ALHAMDULILAH SANGAT MEMBANTU SEKALI SEMOGA BERMANFAAT. SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN PAHALA UNTUK ANDA SEKELUARGA.
WASALAMUALAIKUM WW. HERY KUSNADI,SH

22 08 2013
ghiov

thanks lebih bagud pake arab

28 08 2013
ridho

Postingan yg sangat bermanfaat, semoga mendapat balasan yang setimpal dari ALLAH SWT… Namun ada sedikit sy tanyakn mengenai ucapan dan penulisan dari do’a yg telah anda posting yakni:

Doa Nabi Muhammad:
“ Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hassanah wa qina adza bannar “ (hadist)

Ada tulisan di beberapa blog atau website lain mengenai do’a tersebut sebagai berikut:
“ Robbana atina fiddunya hasanatan wa fil akhiroti hassanatan wa qina adza bannar “
Dalam tulisan di blog tersebut menurutnya bersumber dari QS. Al-Baqarah Ayat 201 (Surah dan Ayatnya bisa dicek disini http://quran.com/2). dan bersumber dari hadist Diriwayatkan dari Abdil Aziz hadith dari Anas (b Malik) (r.a) berkata: ‘Adapun lebih banyak doa Nabi (s.a.w) itu (dgn ini doa): ‘Allahumma rabbana atina fid-dunya hasanatan, wa-filakhirati hasanatan, wa-qina a’azabannar.’ [Hadith Bukhari, Kitab Dakwat (Doa)]

Mohon penjelesanan dari kedua tulisan tersebut, dimana tulisan yg telah sy baca itu ditambahkan kalimat “tan” pada “hasanatan” sesuai yang sy liat pada QS Al-Baqarah Ayat 21, sedangkan tulisan yg anda posting ditambah tulisan “h” pada hasanah.
MAAF, Saya adalah orang yg minim pengetahuan tentang agama.
Terimakasih…

28 08 2013
ridho

[update]__ Postingan yg sangat bermanfaat, semoga mendapat balasan yang setimpal dari ALLAH SWT… Namun ada sedikit sy tanyakn mengenai ucapan dan penulisan dari do’a yg telah anda posting yakni:

Doa Nabi Muhammad:
“ Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hassanah wa qina adza bannar “ (hadist)

Ada tulisan di beberapa blog atau website lain mengenai do’a tersebut sebagai berikut:
“ Robbana atina fiddunya hasanatan wa fil akhiroti hassanatan wa qina adza bannar “
Dalam tulisan di blog tersebut menurutnya bersumber dari QS. Al-Baqarah Ayat 201 (Surah dan Ayatnya bisa dicek disini http://quran.com/2). dan bersumber dari hadist Diriwayatkan dari Abdil Aziz hadith dari Anas (b Malik) (r.a) berkata: ‘Adapun lebih banyak doa Nabi (s.a.w) itu (dgn ini doa): ‘Allahumma rabbana atina fid-dunya hasanatan, wa-filakhirati hasanatan, wa-qina a’azabannar.’ [Hadith Bukhari, Kitab Dakwat (Doa)]

Mohon penjelesanan dari kedua tulisan tersebut, dimana tulisan yg telah sy baca itu ditambahkan kalimat “tan” pada “hasanatan” sesuai yang sy liat pada QS Al-Baqarah Ayat 201, sedangkan tulisan yg anda posting ditambah tulisan “h” pada hasanah.
MAAF, Saya adalah orang yg minim pengetahuan tentang agama.
Terimakasih…

25 09 2013
Ilham M.M

makasih gan….

berguna bgt nih

alhamdulillah, mudah-mudahan semua orang yang lihat ini bertambah imannya….

aaaaamiiiiiin

30 09 2013
Tuciman Semijo (@tucimansemijo)

alhamdullilah, insyallah bermanfaat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: