Pemikiran Aneh Ulil Abshar Abdalla ( 1 )

26 06 2008

Saya akan menuliskan seluruh pemikiran Ulil yang super aneh dan “mendekati” sesat selama beberapa seri, sebagai pengetahuan bagi kita mengenai Jalan Pemikiran Islam Liberal :

Boston “Hijau Royo-Royo”

June 20th, 2008 · 2 Comments

Hari ini, Kamis 19/6/2008, kota Boston benar-benar banjir warna hijau. Meminjam istilah yang terkenal di Indonesia, Boston menjadi “hijau royo-royo”. Tentu, hijaunya kota Boston tak ada kait-mengaitnya dengan pelaksanaan syariat Islam atau menangnya sebuah partai berasaskan Islam.

Boston menjadi hijau royo-royo karena hari ini, Kamis, 19/6/2008, warga kota itu merayakan kemenangan tim basket kebanggaan mereka, Celtics. Di mana-mana, orang-orang memakai kaos hijau, warna khas tim itu. Dalam game keenam final NBA pada 17 Juni lalu, Celtics menang atas tim LA Lakers dengan skor telak 131-92. Kemenangan Celtics melengkapi kemenangan Red Sox, tim baseball kota Boston, atas Colorado Rockies dalam final World Series pada bulan Oktober tahun lalu.

Tentu kemenangan dua tim itu akan menjadi sempurna jika saja dalam final Super Bowl tahun lalu, Patriots, tim football kota Boston, berhasil mengalahkan New York Giants. Sayang sekali, Pats, nama panggilan untuk tim Boston itu, kalah dari Giants. Jika saja Patriots menang, maka lengkaplah julukan Boston sebagai “The Capital of Champ”, kota juara.

Setelah jam sekolah selesai pada pukul 12 siang (hari ini adalah hari terakhir sekolah anak-anak untuk tahun ini, sehingga mereka bubar agak awal), saya langsung mengajak mereka (tentu bersama isteri saya, Ienas Tsuroiya) ke pusat kota untuk melihat parade kemenangan Celtics. Sayang sekali, saat kami sampai di sana, parade sudah selesai. Meski demikian, massa fanatik pendukung Celtics masih berkerumun di berbagai sudut kota. Warna hijau tumpah ruah di mana-mana.

Di sebuah sudut Boston Common (taman kota yang menjadi jantung kota Boston, semacam Central Park di New York), saya melihat tiga gadis remaja memakai jilbab, salah satu di antaranya memakai kaos seragam Celtics warna hijau dengan nomor punggung 5. Di atas angka itu, terdapat kata “GARNETT”. Kevin Garnett adalah pemain depan andalan Celtics yang pada pertandingan akhir kemaren melawan LA Lakers mencetak point tertinggi bersama Ray Allen dan Paul Pierce.

Bagi saya, seorang gadis berjilbab, memakai kaos tim basket Amerika, dan berdesak-desak di antara massa yang merayakan kemenangan tim basket sebuah kota di Amerika, tentu pemandangan yang sangat menarik. Saya buru-buru mengeluarkan kamera. Saya menjepret mereka dari belakang, dan sengaja nomor punggung dan nama GARNETT saya “close-up”. Saya ingin merekam dan mengabadikan pemandangan yang menarik itu.

Isteri saya tiba-tiba usul: kenapa tak minta foto bareng bersama mereka. Isteri saya mendekati mereka dan minta izin untuk foto bareng. Mereka ternyata senang, mungkin karena melihat isteri saya memakai jilbab. Mereka mungkin merasa mendapat seorang “teman sesama pemakai jilbab” di tengah-tengah massa yang tak berjilbab. Mereka, mungkin, merasa menemukan keintiman di tengah-tengah massa yang “tak berwajah”.

Selesai saya jepret, isteri tanya nama mereka, terutama gadis yang memakai kaos Celtics itu. Sungguh suatu kebetulan, nama gadis itu sama dengan nama isteri saya: INES. Dia tanya, anda dari mana. Isteri saya bilang: dari Indonesia. Mereka berbinar-binar. Lalu, isteri saya bertanya balik, anda dari mana. Mereka ternyata berasa dari Mesir.

Gadis berjilbab dengan jeans ketat dan kaos Celtics itu, di mata saya, mewakili suatu gelombang baru anak-anak muda Islam yang sekarang tinggal di Amerika. Mereka adalah bagian dari masyarakat Amerika. Mereka menghayati kultur populer yang ada di Amerika, salah satunya adalah kultur olah raga. Tetapi, seraya dengan itu, mereka tetap menjaga salah satu identitas keislaman, yaitu jilbab. Meskipun di mata saya jilbab bukan satu-satunya pakaian yang “Islami”, tetapi di mata banyak masyarakat Islam, termasuk di Amerika, jilbab jelas mempunyai kedudukan yang istimewa di antara pelbagai jenis pakaian yang lain. Di mata mereka, jilbab tetap dipandang sebagai cerminan dari identitas keislaman yang membedakan mereka dari masyarakat yang lain.

Menjadi seorang wanita Muslimah tentu tak berarti mengisolir diri dari masyarakat sekitar dengan menutup seluruh tubuh dengan pakaian tradisional ala masyarakat Afghanistan seperti Burqa. Menjadi Muslimah yang baik bisa terlaksana dengan jilbab, plus jeans, dan kaos yang melambangkan kebudayaan populer masyarakat Amerika. Dengan kata lain, jilbab bukanlah halangan bagi wanita Muslimah untuk melakukan asimilasi dalam kebudayaan lokal. Jilbab bisa bersandingan secara damai dengan ekspresi kultural masyarakat setempat.

Saya sungguh senang melihat pemandangan gadis berjilbab, dengan celana jeans dan kaos Celtics di tengah-tengah kota Boston itu. Itulah lambang “koeksistensi” antara Islam dan budaya lokal, antara keislaman dan keamerikaan. Keislaman dan keamerikaan bisa saling berdialog, membaur, saling memperkaya.

Kaum Islam fundamentalis di mana-mana mengira bahwa menjadi Muslim sama saja dengan menyingkirkan budaya lokal yang dianggap sebagai mengotori kemurnian Islam. Mereka menganjurkan umat Islam untuk menegakkan “dinding isolasi” yang tebal antara Islam dan non-Islam melalui konsep “al-wala’ wa al-bara’“, loyalitas dan dis-loyalitas, konsep yang dipopulerkan oleh Ibn Taymiyah itu.

Yang menggelikan adalah bahwa kaum Islam fundamentalis itu menganjurkan kembali kepada Islam yang “murni” dengan cara mengadopsi simbol-simbol kearaban. Mereka mengira bahwa memelihara jenggot, memakai jubah putih dan sorban, menutup seluruh tubuh perempuan rapat-rapat (sehingga perempuan mirip sebuah rumah siput yang berjalan beringsut-ingsut) adalah identik dengan Islam yang murni. Mereka tak sadar, bahwa itu semua adalah budaya Arab yang tak harus identik dengan Islam itu sendiri.

Kaum Islam fundamentalis tak sadar bahwa menjadi Muslimah yang baik bisa diterjemahkan melalui penutup kepala (tudung), celana jeans, dan T-Shirt yang melambangkan sebuah kebudayaan populer di masyarakat modern.

Gadis Mesir dengan kaos Celtics di tengah kerumunan massa di tengah kota Boston itu menandakan bahwa jilbab bisa menjadi sarana untuk asimilasi, bukanlah isolasi.

About these ads

Aksi

Information

224 responses

29 06 2008
ahmad

saya setuju dengan kamu ulil. mengapa? karena islam tidak bisa diidentikan dengan busana. busana adalah ungkapan lokal dan kultural. namun pada titik ini trletak problemnya. mengapa saya katakan problem??? karena sulit untuk memisahkan antara pesan iman atau inti iman yang diwahyukan dari bungkusan budaya. wahyu selalu terkait dengan budaya lokal di mana wahyu itu disingkapkan kepada Nabi. wahyu yang diterima Nabi terkait secara erat dengan budaya yang dihidupi sang Nabi. maka, agak sulit untuk memilah-milah mana yang menjadi isi dan mana yang menjadi bungkusnya doang. maka sikap yang terpenting adalah JANGAN SAMPAI JATUH PADA PEMUTLAKAN DENGAN MENEGASI PENDAPAT YANG LAIN. oki, jika orang masih menghargai busan sebagai sarana untuk menjaga kesucian diri, mengapa tdak??? Asal busana tersebut tidak dipolitisir oleh pasar ataupun menajdi simbol superioritas kamum pria atas wanita. Maka, baguslah kendatipun kamu mengkritik pemutlakan atas identifikasi mutlah inslam dengan busana dan tampilan lahiriah tertentu yang kesannya keArab-Araban, kamu tetap juga memberi kebebesan dan kelonggaran kepada sang instri tercinta untuk tetap berjilbab menurut kata hatinya. inilah sikap yang tetap terhadap pilihan cara hidup yang diyakini yang lain sebagai benar. karena itu, Islam di Indonesia harus mampu juga berdialog dengan budaya lokal, busana lokal dan tradisi lokal tanpa harus tunduk sepenuhnya terhadapnya. karena Islam juga harus mampu mengkritisi semua yang bersifat lokal kedaerahan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. mengapa dialog ini penting??? Karena dengan demikian, kita tidak pernah dijajah oleh budaya asing yang dulu datang mengislamkan kita, melainkan bisa menghidupakan keislaman kita dengan kebudayaan ita sendiri. akan tetapi, tetap juga kristis terhadap unsur-unsur kebudayaan kita yang korup dan menajdi sumber dosa. inilah hakekat iman yang terus menerus berdialog dengan konteks di mana iman itu hidup…teruslah berpendapat Ulil..berikanlah pencerahan kepada kami…namun saya tetap memakai sorban..jubah putih..dan memelihara jenggot..karena saya melakukannya dengan penuh kesadaran bukan asal arab-araban. tetapi, saya juga menngharagi arti penting dari kritikanmu. maju terus..meski kamu dicap anteknya amerika…dan menjual Islam demia sesuap nasi…anggap sepi saja semua komentar yang tidak cerdas seperti itu, yang menunjukkan kebodohan dan kepicikan cara berpikir bagaikana katak di dalam tempurung. sebab dunia akan terus berubah. globalisasi telah melipat dunia ini menjadi sebuah kotak kecil berupa TV,Radio dan layar komputer internet. dalam situasi yang demikian, Islam masa depan harus berani tanggap dan terbuka dengan roh zaman agara masihtetap dikatakan relevan. jika tidak, maka suatu ketika Islam akan dianggap sebagai sebuah artefak atau peninggalan bersejarah tanpa adanya makna sama sekali untuk manusia post modern ini. jangan sampai Islam akan ditiinggakan banyak orang, karena Islam tidak lagi bisa dipahami dari perspektif orang post modern. wajah Islam masa depan haruslah wajah Islam yang dioalogal dalam berbagai aspek kehidupan dengan realitas diluara dirinya. jika tidak, maka orang Amerika,Eropa, dan dunia pada umumnya akan melihat Islam sebagai wajah yang penuh teror….contoh yang anda angkat sungguh sangat2 menarik karena menampilkan potret Islam masa depan yang tetap berpegang pada ajaran dan tradisinya tanpa harus terlebur sepenuhnya di dalam kultur pop Amerika,wajah yang penuh kelembutan dan tidak mengancapm kepada yang lain, wajah yang mampu berasimilasi dengan kultur setemapat yang bisa mengubah cara pandang orang yang negatif tentang Islam. jadilah seberkas sinar yang menyinari kultur amerika yang sudah mulai sekular, tampilkanlah wajah yang lain kepda dunia setelah citra Islam dirusakan oleh berbebagai bentuk kekean dan terorisme fundamentalis yang mengatasnamakan Islam!!!! Ubahlah perlahan-lahan citra Islam yang indentik dengan teroris, yang membuat orang-orang dari Asia, Arab, dan Mesir kesulitan untuk memasuki tanah eropa dan amerika untuk studi ataupun bekerja. sukses selalu. semoga studimu selesai tepat pada waktunya.

18 07 2010
HvD

Mas.. Mas bilang

“karena itu, Islam di Indonesia harus mampu juga berdialog dengan budaya lokal, busana lokal dan tradisi lokal tanpa harus tunduk sepenuhnya terhadapnya.”

Saya hanya mau bertanya ke MAS AHMAD atau MAS ULIL atau SIAPAPUN YANG PRO DENGAN MAS ULIL.. Mas Ulil memberi contoh tentang Islam diBoston.. Yaitu jilbab dalam Islam berasimilasi dengan budaya Amerika yang notabene menggunakan celana jeans dan lain2.. Bagaimana jika saya mengambil contoh di Irian yang budayanya menggunakan KOTEKA.. Lalu umat Islam disana menggunakan Atasannya jilbab atau tudung tapi bawahannya hanya menggunakan koteka yang HANYA terdiri dari beha dan penutup kemaluan bawah.. Apakah Mas dan anak2 perempuan Mas dan yang dari wanita2 yang pro sama Mas mau mencoba.? Tolong Mas jangan buat perpecahan dalam Islam karena Mas merasa diri Mas atau ilmu Mas lebih tinggi dari manusia lainnya.. Jika Mas mau kita debat terbuka saya InsyaALLAH bersedia untuk ikut.. Mas tinggal kabarkan kepada saya lokasi dan waktunya..

Barangsiapa menimbulkan sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kita yang bukan dari ajarannya maka tertolak. (HR. Bukhari)

Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah Kitabullah, dan sebaik-baik jalan hidup ialah jalan hidup Muhammad, sedangkan seburuk-buruk urusan agama ialah yang diada-adakan. Tiap-tiap yang diada-adakan adalah bid’ah, dan tiap bid’ah adalah sesat, dan tiap kesesatan (menjurus) ke neraka. (HR. Muslim)

Tiga perkara yang aku takuti akan menimpa umatku setelah aku tiada: kesesatan sesudah memperoleh pengetahuan, fitnah-fitnah yang menyesatkan, dan syahwat perut serta seks. (Ar-Ridha)

Barangsiapa menipu umatku maka baginya laknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Ditanyakan, “Ya Rasulullah, apakah pengertian tipuan umatmu itu?” Beliau menjawab, “Mengada-adakan amalan bid’ah, lalu melibatkan orang-orang kepadanya.” (HR. Daruquthin dari Anas).

Katakanlah: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu kebenaran (Al Qur’an) dari Tuhanmu, sebab itu barang siapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya (petunjuk itu) untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan barang siapa yang sesat, maka sesungguhnya kesesatannya itu mencelakakan dirinya sendiri. Dan aku bukanlah seorang penjaga terhadap dirimu”. (Q.S Yunus: 108)

Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur’an) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat itulah pokok-pokok isi Al Qur’an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari isi Tuhan kami.” Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal. (Q.S Ali Imran: 7)

Saya bukan orang ahli agama saya hanya seorang Hamba ALLAH yang mau belajar. Saya tunggu balasannya Mas buat debatnya.. hvdaj

13 03 2011
nn

Ketika anda mulai mengutip dalil-dalil tanpa penjelasan dan menantang berdebat, maka itu adalah pertanda bahwa anda sudah mulai merasa hebat.

16 03 2012
ye' LABAN

KALO SETUJU LIAT DULU KEASLIAN DALAMNYA…….
KALO KEASLIANNYA IBLIS … BERARTI SETUJU MA IBLIS!!!!!!!!!!!!!

12 08 2010
Al

Hai bodoh! kamu ini orang islam atau antek2 faith freedom? jujur sajalah

1. Pakaian dalam Islam memiliki fungsi menutup aurat. Selama aurat yang harus ditutupi berhasil tertutupi, tidak peduli mau pake kaos, burka, rumah siput, bendera amerika ataupun kafan Turin, itu semua sah dan layak menjadi pakaian kaum muslim.

2. Hanya antek2 nasrani dan yahudi yang bilang bahwa sunah rasul dan agama islam itu menyesuaikan dengan kultur arab. Orang islam yang paham agamanya akan mengatakan bahawa Islam itu diturunkan untuk umat manusia, bukan sekelompok manusia saja. Sehingga ketentuan dalam islam berlaku universal.

3. Antek-antek Yahudi dan Nasrani hendaknya jangan menggunakan nama berbau Islam, please..banggalah dengan kekafiran kalian.

15 03 2011
yati

setujuuuuuuuuuuu
pinter ke belinger tuh ulil

16 03 2011
Hina Nista

Saya setuju dengan pemikiran Pak ulil… Semoga Allah memberkatimu, pak Ulil dan semoga orang yang bodoh dan merasa pintar mendapat hidayah dari Gusti Allah.

19 03 2011
Tedsken

Berbahasa yang sombong dn membodoh bodohi seperti yang anda lakukan, adalah sesuatu yang tidak Islami. Bagaima umat Islam bisa ditinggikan jika umatnya seperti anda yang pemarah

8 04 2011
inilah saya

wedew…
sebagai orang islam nampkanya saya harus banyak belajar. karena menghadapi bung ulil tidak cukup dengan dalil karena yang dimainkan adalah logika bukan rasa.

10 08 2012
anak betawi

Sukses juga buat anda dan ulil iblis semoga bisa masuk neraka bareng2

29 06 2008
Hamba

Ahmad dgn ULIL setali tiga uang, sederhana saja kalian sangat-sangat kerdil dalam berfikir. Perdalam lagi ilmu kalian ttg Islam. Ingat sekali ingat. Kebenaran itu tak pernah lenyap dari muka bumi. Semakin berbusa mulut anda berbicara dan menafsirkan Islam ke arah yg sesat, semakin banyak pula yg mengungkapkan kebenaran atas hidayah Allah. Kasihani diri kalian sebelum kematian menjemput yg kalian sendiri tdk pernah tau kapan datangnya. Ingatlah itu….tobatlah

14 02 2010
sobat

Hai Hamba……. Apakah anda yakin & pasti nanti klu anda MATI bisa masuk SURGA….? Dgn tulisan anda yg sperti ini anda bisa masuk SURGA…?

13 02 2011
dede

apapun yg di tuLis nd’harus mengarahkan ke surga atau k neraka guys,,,
intinya kebenaran harus di tgakkan dari pemikiran2 super LiberaL tanpa Landasan yg jeLas,,,hanya buah pikir akaLnya saja&Literatur2 kiri yg tidak di cerna trLebih dahuLu,,
yakin nd’ yakin harus di siapkan guys,,,,
anak SD saja paham,,
nt mo k skoLah nt harus siapkan buku kan??
sederhana,,,

15 03 2011
HAMBA

HAI SOBAT BUKA MATA HATIMU … JANGAN BELA A NAFSUMU… DASAR SOBAT JAMAAH IBLIS LIBERAL

4 07 2008
oky

Sangat aneh sekali Jika Ulil yang mengagung-agungkan kebebasan justru tidak setuju dengan orang yang memakai burka atau jilbab dengan pakaian longgarnya. Sekali lagi ketidak konsistenan antara perkataan2 anda Ulil semakin mencerminkan bahwa yang anda ingini selalu hal-hal yang menyudutkan orang-orang Islam. Saya berdoa semoga anda diberikan pintu hidayah untuk menilai dengan logika dan juga hati anda secara lebih objektif dan adil. Bukankah anda sendiri memuja kebebasan? jadi kenapa anda tidak membiarkan saja orang2 Islam mengikuti budaya yang mereka yakini yaitu memakai burqa maupun jilbab yang tertutup rapat tetapi tidak menunjukkan lekukan2 tubuh. Jangan menjadi orang plin plan dong, apa anda juga sudah sangat terdoktrin dengan standar ganda Amerika yang katanya menjunjung perdamaian tapi justru menebarkan teror2 dan pembunuhan2 di Iraq dan Afganistan? Otak anda sama sekali tidak cerdas.

14 02 2010
sobat

Allow Oky pakah anda merasa manusia paling benar di dunia ini…? Apakah Agama mengajarkan kita utk menjelek2kan org lain…? Nanti akan terbukti apakah Anda atau mas Ulil yg masuk akan SURGA…..

8 03 2010
kholil

yang jelas anda dan ulil lah yang masuk neraka…..karena tlah mengubah hukum yang Qoth’iy…..yang Sayyidina Rasulullah SAW sendiri ga’ barani merubahnya……..terlaknat kalian berdua!!!!! maka wajib mendokan kalian dengan keburukan…….

8 02 2012
sidharta krisnamurti

Sebenarnya apakah tujuan utama manusia memeluk agama ? Sadarkah kita akan inti memeluk agama sebenarnya beserta tujuannya? Agama adalah “kendaraan” untuk mencapai tujuan. Adanya perbedaan wajar2 saja dan tidak perlu diperdebatkan. Masing2 orang akan bertanggung jawab kepada sang Pencipta.. Bukan kita yang menilainya dan kita tidak berhak untuk menilainya. Hanya Allah Penguasa Alam Semesta yang berhak menilainya. Sebagai manusia kita wajib menjaga alam semesta ini, penuh dengan cinta kasih dan perdamaian dengan segala kerendahan hati.

23 02 2012
muda pembela islam

kyna mas sobat dah yg mrsa menjdi seorang yg bnr ..hihi
Astgfirullah .

8 08 2012
aril

yg harusnya sadar tuh sobat bukan oki. ngaji lagi sobat. (ulil) meskipun saya ndak suka sama pemikirannya yg nyeleneh, aneh, ga konsisten tetap saya do’akan dapet hidayah dah.

16 07 2010
Luthfi

saya setuju mas dengan anda, saya sendiri sangat tidak suka dengan orang yang seolah-olah mengklaim bahwa hanya pendapat dirinyalah yang paling benar.

16 03 2011
Hina Nista

Untuk Kholil : Sepertinya sampean TUHAN ya? Tau mana yang masuk neraka dan surga? Kaya udah pernah KENERAKA DAN SURGA aja. lo?

13 04 2011
abdil

menurut saya …..kita semua tidak tau siapa yang masuk neraka atau tidak…tapi Allah tidak akan pernah inkar pada janjinya…innaallaha la yukhliful mii’aad…dalam alqu’an, hadits, kitab2 salaf telah dijelaskan bahwa barang siapa yang menyimpang dari ajaranNya maka akan terjerumus dalam neraka…..udahlah jangan bertengkar….aku laper…ada yang mau minjemin duit……

22 01 2012
yoni

makanya belajar agama mas..biar tau sapa yang masuk surga dan neraka..gitu aja repot..

9 05 2012
Murdiyanto

Tidak ada yang tahu siapa kita akan masuk surga atau neraka, tapi kita diberi petunjuk untuk menuju ke sana, semoga anda mendapatkan hidayah yang benar

6 09 2008
rahmat

koran Washington Post, menukil pendapat Madeline Zilvi, seorang dosen universitas Maryland, menulis, “Hijab
adalah sebuah kata yang mengandung makna mendalam. Baik di dalam maupun di luar negara-negara Islam, hijab
selalu memancarkan makna-makna yang luas, diantaranya ialah sikap tegas menentang dekadensi moral dan sebuah
perilaku beragama yang sangat kokoh dan kuat. Hijab bersumber dari akar Islam, Al-Quran, Kitab Suci muslimin,
memandang hijab sebagai suatu keharusan untuk menutup tubuh perempuan. Saat ini, proses cepat kecenderungan
wanita Barat kepada hijab, membuat saya penasaran. Saya berkali-kali menyaksikan masalah ini di fakultas tempat saya
mengajar, dimana Islam telah memberikan identitas yang sangat agung kepada kaum perempuan.”
jadi : Yang bikin repot & g maju itu bukan jilbab tapi mulut manafiq dan kafir yang tak ilmiyah kaya ulil & ahmad..atau orang kafir..yaa jelas kalau kafir tak setuju meskipun katanya kebebasan pendapat..berekspresi dan slogan demokrasi yang palsu tak akan henti..mari yg sadar kembali ke pangkuan Ilahi g usah ngomong tanpa bukti dan metodologi ulil juga tak jelas..akhirnya taqlid buta kepada penguasa dollar ” Bush cs ” selamat masuk neraka kalau tak mau tobat..ayoo ngeyel lagi tunjukkan argumen yg logis bukan akal-akalan melulu..!!???

4 01 2011
Abdan Rahman

Wong bicara (agama) islam kok malah bicara koran inilah bentuk ke awanan dan kekerdilan anda?

4 01 2011
Abdan Rahman

sebenarnya anda itu gak .paham islam kok bicara islam, anda itu lebioh cocok bicaralah sesuai dengan bidang anda yakni yaa pluralisme/relativisme, selainya bikin malu2in maka kelebihan anda itu, kelamahan buat saya (islam) maksudnya kelemahan anda itulah keb]=lebihanya anda, dan anda bikin orang lain cekikikan lucu,

29 10 2008
ariss

@ Oky

Saya berdoa semoga anda diberikan pintu hidayah untuk menilai dengan logika dan juga hati anda secara lebih objektif dan adil. Bukankah anda sendiri memuja kebebasan? jadi kenapa anda tidak membiarkan saja orang2 Islam mengikuti budaya yang mereka yakini yaitu memakai burqa maupun jilbab yang tertutup rapat tetapi tidak menunjukkan lekukan2 tubuh

Hng… memangnya pintu hidayah… kek tukang meubel saja Anda ini :lol:
.
Jangan dilupakan, bahwa Ulil memandangnya dari perspektif kultural bangsa kita. Coba Anda sedikit membuka mata, bagaimana pemaksaan syari’at di negeri ini oleh sekelompok golongan yang mengaku sebagai kalangan yang paling benar dan mengaku bahwa tafsir adalah otoritas milik mereka sendiri. Ulil tidak menggugat, apalagi memaksa. Ia hanya memperkenalkan perspektif, dan ia ingin agar kita meninjau kembali wacana seperti ini. Lagipula, yang menjadi sorotan Ulil hanyalah satu; yakni apakah pakaian adalah representasi kesalehan (mutlak)?

13 02 2011
wing

Pemaksaan syari’at??? dari segi apa???
otak kiri kaLian saja yg tLL cpt memutuskan ssuatu yg baik itu paksaan tanpa di teLaah, tanpa di cerna dL Lewat otak kanan,,,
atau ada yg brain wash makanya susah dimasuki yang baik2??
Laaa kaLo mmperkenaLkan perspektif ya harus Logis,,,dapat di terima orang banyak,,,punya Landasan JeLas.
masaLah cabang dLm agama itu biasa,,, tp kLo sudah brbicara syari’at apa Lagi masaLah pakaian ya harus di ada dasarnya,,,
Baca an-nur ayat 30-33,,,
JeLas itu,,,
masih mo bantah?? mo banyak komen???
komen sama Tuhan,,,
Gugat sama Tuhan
wong Tuhan yg perintahkan trLL banyak argumen,,

14 01 2012
sceptic minded

Surat An-Nur ayat 30 berbunyi: قل للمؤمنين يغضوا من أبصارهم……ألآية, tidak ada tentang pakaian, tapi tentang memejamkan mata Laki-laki dan menjaga kemaluan mereka.
Surat An-Nur ayat 32: وانكحوا الأيمي منكم …. ألآية, isinya tentang menikahkan perempuan yg tidak punya suami….dan tidak ada tentang pakaian.
Surat An-Nisa ayat 33: juga tidak ada tentang Pakaian.
Surat An-Nisa ayat 32: Benar -disamping hal lain- ada tentang pakaian -hal yang diapakai meski hanya gelang- yang meliputi beberapa hal, yaitu:
1. لا يبدين زينتهن إلا ما ظهر منها, -hendaknya- perempuan2 itu tidak memperlihatkan perhiasan2 mereka kecuali yang nampak. Tentang perhiasan tepatnya ketika dilihat makna tersuratnya. Dan kelanjutan ayat menunjukkan bahwa perhiasan itu boleh diperlihatkan kepada 12 jenis orang, seperti laki2 yang tidak memiliki hajat/nafsu/kelamin.
2. وليضربن بخمرهن علي جيوبهن, dan hendaknya perempuan2 itu memanjangkan/menutup dengan penutup kepala mereka atas/sampai dada mereka.
No. 2 ini mungkin yang dimaksud Perintah memakai Jilbab. Tapi hal yg tersurat sebenarnya: Penutup kepala dipanjangkan sampai dada. Model penutup kepala jaman dulu perlu diferifikasi dulu, ini melalui Penelitian pad Kebudayaan Arab saat itu tentu.
Terus sebenarnya apa ayat ini Perintah Wajib? karena ada kata lain di Al Qur’an yang memakai bentuk, Hendaknya, Lam taukid, itu tapi tidak mewajibkan, hanya anjuran/sunnah.
Saya berharap yang mewajibkan memberi pengetahuan lebih kepada saya.
Terimakasih….dari saya penuntut ilmu karena Allah Ta’ala.

22 12 2008
hanggono

Kebenaran tertinggi miliki Allah, janganlah saling menghakimi dengan pengetahuan yang secuil. Saling menasehatilah dalam kebenaran, pertahankan pendapat dan keyakinan untuk diri sendiri, karena satu kata satu ayat bisa menjadi ribuan tafsir bagi tiap manusia. Perasaan merasa benar berarti mewarisi sifat syaitan yang merasa lebih dari ADam. Kebenaran mutlak milik Allah.

16 02 2009
imam demak

saya yakin kang ulil menilai semua itu dengan brlandaskan rahmat yang turun dari perbedaan… met berda’wah mas ulil…. buat islam ini harum di negara2 pemuja tehnologi.

3 02 2010
ucin

mas……….
aq mendukungmu kalau mas ulil emang punya penilain tersendiri dengaan pemikirannya..

tapi…
apakah masih bisa ditolerir jika pemikirannya hanya berlandaskan hawa nafsu dan bujukan syaitan tanpa berlandaskan al-qur’an n sunnah..
mas…
saya juga pemuja teknologi lho…
tapi saya gak pernah terhalangi menggunakan teknologi dengan setinggi mungkin hanya gara2 berpegang teguh kepada Al-Qur’an n sunnah..

sama sekali gak pernah..

dan gak akan pernah…

karena penciptanya itu sendiri adalah Allah SWT..!

apakah mas juga sudah berani menghijat Allah SWT melebih2 Abu Jahal pada zaman Rasulullah..

TUBU ILALLAHI JAMI’A…………!

27 03 2010
jog

dakwah opo mas imam…………
dakwah dajjal
yang menjual pemikirannya sendiri.
agama bukan logika mas……
karena quran bukan rekayasa manusia, tapi dari Allah.
kok kalian mau revisi.
memang kamu pernah ketemu Allah, kok mau merubahNya…..
Nabi Muhammad SAW penerima wahyu tidak berani……….
kamu percaya mana ulil apa Nabi Muhammad…??????????????????
Taubatlah mas

23 02 2012
muda pembela islam

Alhmdulillah ad yg sepaham dengn saya ..makasih mas jog ..
klau d blg udh mnympang ya tokoh besar qta yg 1 ne udah mnyimpang ..

9 03 2009
massto

buat harum atau buat makan???
yang bener aja?!
JiL artinya jualan islam Lho..!!!
mo islam segala macem,..dari jaman islam baru masuk nusantara juga ada!! cuma sekarang banyak yang koar2 islam berdasarkan pesanan,..salah satunya si ulil in JiL ini!!!

udah jujur aja dapat dana dari mana si JiL ini???

13 02 2011
Sayap

Like your komen mas,,,,
pie to mas uLiL,,,gampang yo cuci otak mu,,,
habis tu kau cuci otak generasi baru tanpa pandang buLuh,,,
sepertinya ada yg nyokong juga,,,
spakat mas masto :D wkwkwkwk
brani berkoar tanpa daLiL dan Landasan yg kuat apaLagi penyebabnya kLo bukan itu yo mas??? :D
weLeeeh weLeh,,,

11 03 2009
firas

toek semua: gimana islam itu juga mau maju atau kembali jaya kayak jaman khulafaur rasyidin…klo kebebasan berekspresi dan berfikir umat itu dibatasi oleh perasaan saling benci dan saling hujat karena adanya perbedaan tentang bagaimana kita melihat islam seperti apa islam seharusnya.saya yakin ulil itu juga mempunyai dalil-dalil dan argumen yang kuat dalam menyampaikan hasil pemikirannya,ulil itu cerdas. bagaimanapun juga ga pernah ada peradaban yang hancur dikarenakan kebebasan berfikir kehancuran bangsa itu lebih banyak disebabkan karena rendahnya kualitas berfikir manusia.wass

4 01 2011
Abdan Rahman

Justru islam itu mengajurkan/memerintahkan truss berpikir tetapi bukan cara berpikirnya si Ulil tu,
maka berfikirlah yang positif …
bukannya berfikir yang negatif ,,… Dan sampai2 kaum JIl meligalkan kawin sesama jenis dan sah2 aja menurut mereka apa itu benar,,, cobalah menggunakan akal sehat… agar tidak sesat..
dengan asumsi saya bahwa mereka (JIL) saking bebasnya sampai2 tidak bisa membedakan antara manusia dan hewan… sehingga mereka berpendapat kawin sesama jenis itu sabagai tuntutan perkembangan, seni, kebutuhan masyarakat me=odern dsb..

18 04 2009
cintaAllahdanRosul

ulil..tanganmu, mulutmu, nafasmu, matamu, telingamu, seluruh tubuhmu yang kamu gunakan untuk menghujat hukum Allah adalah milik Allah.Bahkan pelecehan terhadap hukum Allah kamu sempurnakan dengan memakan harta dari hasil pekerjaanmu itu. Sungguh luar biasa! Kamu termasuk salah satu orang di dunia ini yang memberi makan dirimu dan keluargamu dari hasil menghujat hukum Allah.Kalau tidak bertobat, saya doakan kamu lumpuh total bertahun-tahun sebelum tewas dengan kondisi mengenaskan. Meskipun doa ini tidak sebanding ‘kekejaman’ yang kamu lakukan terhadap hukum Allah. Atau Allah sendiri yang akan menghukummu lebih pedih dari yang saya doakan. Saya melakukan ini atas nama kecintaan saya terhadap Allah dan Rosulnya. Apakah ulil akan diam seribu bahasa jika anak perempua yang ulil cintai diperkosa rame-rame oleh laki-laki yang biadab? Demikian juga saya tak mungkin hanya diam ketika hukum-hukum Allah ‘diperkosa’ oleh orang biadab sepertimu. Dan makan dari hasil perkosaan. Mohon maaf, kalimatku mungkin lebih santun dari kekejaman yang engkau lakukan terhadap Allah atas nama kebebasan.

11 12 2009
bayu

setuju

14 02 2010
sobat

Tulisan anda yg sperti ini kah anda bilang sbgi org yg cintaAllahdanRosul…? Apa anda udah yakin & pasti akan masuk SURGA…? Kasihan ya Anda….?

27 03 2010
jog

sobat ini pasti anteknya ulil nashara itu…………..

4 01 2011
Abdan Rahman

Orag yang paham akan keislamannya harus/pasti yakin akan kebenaran dalil tidak ada keraguan sedikitpun meskipun pelakunya belum melaksanakan (syari’at) secara sempurna tetapi suatu keyakinan itu sudah menghunjam (i’tiqat) tidak ada tawar menawar sekalipun nyawa yang melayang maka itulah akidah tauhid. telah mengakui akan kebenaran Tuhan Esa (Allah) kalau anda ingin bertanya tentang kebenara maka bertanyalah kepada “Muhammmad SAW (Al Qur’an dan assunnnah) maka itulah kebenaran mutlak (al Hakikah almutlakah) sedangkan selainnya adalah bersifat nisbi, maka kaum pluralis kebalikanya

16 03 2011
Hina Nista

Untuk Sobat : Saya mendukung sampean 100 % , Dulu Rasulullah diperangi sesama ISLAM dan sekarang banyak juga ISLAM yang mengaku cinta RASULULLAH tetapi gak pernah mau belajar tentang bgmn sikap nya Rasul. Kalian yang tdk sependatap dan menginginkan pertengkaran KALIAN@ SEMUA adalah ORANG@ ISLAM YANG JAHILIAH…

20 02 2012
bull

ini bukan masalah masuk surga ato tidaknya,,
tapi ini menyangkut masalah ajaran yang disampaikan rasulullah….
jangan dihalalkan yang dilarang oleh agama,,,,

1 05 2010
edi dosa

hai cinta Allah dan Rosul,lebih berkuasa mana Allah SWT dengan kamu kalau hukum2 Allah telah diperkosa oleh seorang Ulil kenapa bukan Allah sendiri yang menghukum Ulil kok malah kamu yang marah2 sama Ulil jangan anda sok-sok an membela yang maha kuasa seolah-olah Tuhan tiada daya untuk membela dirinya.kalau memang Ulil memperkoa hukum Allah tunggu saja pasti Allah akan menghukumnya tetapi kalau ditunggu2 Allah tidak menghukum juga berarti tidak ada kesalahan pada diri Ulil

17 03 2011
igun

Edi,…lo emg org brengsek

17 04 2011
samsul

setuju bos. untung ulil menantu gus mus. kalo bukan sudah disembelih orang. dikirimin bom buku aja udah teriak2 ketakutan bilang kalo motif politik biar dapat perlindungan. wa ka ka kak. dia menghujat para kiai jadi kiai karena nasab bukan karena sekolah kayak pastor atau pendeta. padahal kalo dia bukan mantu gus mus siapa sih yg ngreken ? makanya iman harus didulukan bos bukan logika karena kemampuan pemikiran manusia terbatas, ilmu manusia banyak yg belum menjangkau fenomena alam ciptaan ALLOH. tapi ya sudahlah, dia caranya cari makan memang begitu semoga Alloh segera memberi hidayah.

6 01 2012
anna alqawarir

haha… akhirnya stelah mmbaca yg sudah2,,, menemukan yg agak enakan dbaca.. dari tadi pada udurrrrrr mulu gak jelas…

yang satu menjelek2kan yang lain yang satunya pun tdk beda meskipun ada benarnya , tp haruskah caranya dgn perkataan yg saling menghujat?
tdk bisakah agak sedikit sopan?

28 01 2012
ade

setuju..

30 06 2009
abd. rozak

mas ulil emang sering membuat kita kaget dengan tulisan kontroversialnya, hanya pesan saya tulisan mas ulil harus berangkat dengan pemahaman yang baik terhadap nash nash al quran,kitab kitab salaf dan pemikiran kontemporer saat ini.

14 07 2009
Siti Jenar

Mas Ulil teruskan menulis… Selama ini Islam memang dipahami harus = Arab. Dan malaikat2Nya dianggap hanya bisa paham bahasa arab. Ini sama saja mengecilkan Alloh/Allah/Yehovah/God/Tuhan.

8 03 2010
kholil

iki maneh wong yahudi koq melok2

14 07 2009
Darmogandul

Ngga ada yg aneh dari pemikiran Ulil. Yang aneh justru yg memahami. Pemahaman bisa berbeda tergantung dari sudut pandang mana dilihat. Kalo mau adil lihatlah ajaran Tuhan itu dari sudut pandang universal, bukan hanya dari bangsa Arab. Karena Tuhan tidak hanya menciptakan bangsa arab, masih ada bangsa2 lain bahkan makluk2 di planet lain, yg ngga ke jangkau dari bumi. Di sana sangat mungkin Tuhan menurunkan utusan juga spt Nabi Muhammad, cuma nama dan bahasa berbeda. Dan baju2 di sana mungkin tidak pakai jilbab. Dan Tuhan juga mewahyukan kpd lebah dan binatang lain, shg walopun tidak pernah belajar tapi kawin dan memelihara anak2nya karena punya insting. Dan insting itu sebenarnya wahyu Tuhan.
Kok pada ributin soal kulit sih….

27 03 2010
jog

darmo koplak ……..gak mudeng melok-melok

7 04 2010
Akhyar

Ya begini inilah para pembela Ulil.

14 07 2009
mBahDukun

CakUlil itu bukan orang goblog, dia itu cerdas dan maju. Kelemahan umat islam adalah TIDAK BISA MENERIMA perbedaan pendapat. Padahal Nabi SAW sendiri menjamin “perbedaan pendapat di antara umatku adalah rahmat”. Selama ini memang kebanyakan pengajian dan para pendengarnya dicekokin dg DOGMA shg bodoh terus. Yang berjenggot dan pakai sorban dianggap lebih agamis dan doanya lebih makbul. Justru dg perbedaan pendapat ini akan diadu mana pemahaman kebenaran yg hakiki. Kebenaran hakiki adalah bersifat umum dan tidak memihak. Itulah kebenaran Tuhan yg Maha Adil dan Bijaksana. Seperti halnya hukum alam, sbg Sunatullah. Pemahaman manusia thd alam akan terus diadu dalam jurnal ilmiah. Dan di atas kebenaran selalu ada kebenaran sampai kebenaran puncak yaitu Tuhan Semesta Alam. Ilmu Pengetahuan & Teknologi adalah juga wahyu Tuhan yg dipelajari manusia. Dan selalu berkembang. Perbedaan pendapat di antara para ilmuwan bukanlah utk berseteru tetapi justru utk membuktikan mana yg teruji dan mana kalah uji, Utk mendapatkan kebenaran sejati. Kenapa hal ini tidak bisa dilakukan oleh kalangan ilmuwan agama? Sangat naif !

10 11 2009
Rio Abdullah

Mbah dukun, hadist yang Anda kutip itu TIDAK SHAHIH baik sanad maupun matan. Silakan pelajari lagi. Komentar saya: Kalau perbedaan dianggap rahmat maka persatuan adalah laknat. Wah berbahaya sekali implikasi dari pernyataan Anda.

17 02 2010
dia

Berbeda itu tidak salah kok. Kalau memang Allah SWT tidak suka perbedaan, kenapa sedari awal Allah SWT menciptakan beragam jenis mahluk hidup? Kenapa ada beragam ras dan suku bangsa manusia di dunia ini? Bila Allah SWT tidak menghendaki perbedaan, Ia dapat melakukannya dengan mudah. Ia bisa saja menciptakan satu jenis mahluk hidup. Tapi nyatanya, tidak. Adanya beragam jenis mahluk hidup, adalah satu pertanda bahwa Allah SWT mencintai perbedaan.

Ini hanya pendapat saya saja…

1 05 2010
edi dosa

wah kalau yang ini bukan hadist lagi yang bunyi tapi cangkem sampeyan

27 03 2010
jog

dukun ini juga anteknya ulil

16 07 2009
HPA

emank jilbab itu kewajiban ya? yang saya tau banyak istri2 sahabat nabi yg tidak memakai jilbab, nabi tak pernah keberatan apalagi memaksa mereka… buat apa jilbab kalau pakaian ketat? mending kayak perempuan2 malaysia, gak pakek jilbab, tp pakaiannya lebih merefleksikan islam ketimbang perempuan2 kampus pake jilbab di indonesia…

dan bagaimana ketika matahari sedang2 terik2nya jika perempuan tidak boleh melepaskan jilabnya, bayangkan jika anda sendiri sebagai perempuan…

aneh, orang menganggap kalo perempuan gak pake jilbab akan diperkosa, laki2 dianggap makhluk buas maniak seks… sangat menghina, saya sendiri sebagai laki-laki tak pernah libido saya naik ketika melihat rambut perempuan. dan justru di negeri arab sendiri yang perempuan2nya rata2 memakai burqa, yang tampak cuma sendal jepit, tapi tingkat pemerkosaan tertinggi di dunia, malahan dianggap tempat terburuk bagi perempuan karena di arab sana bagian tubuh wanita yang bagi warga negara lain hal yang biasa justru bagi mereka bisa membuat gairah seks laki2 memuncak, bahkan hanya dengan melihat sandal jepit perempuan.

16 03 2011
Try Y

Setuju…

17 03 2011
nN

ko’ ribut ngurusin jilbab. kami saja yang berjilbab merasa lebih aman dan nyaman dengan jilbab kami. g peduli panas terik atau hujan badaipun, kami tetap bangga dengan jilbab kami. karena iman yang kami pakai, bukan logika seperti yang anda katakan. jadi jangan pernah bilang, jika kami tertekan dengan jilbab kami. KAMI AMAT SANGAT BANGGA SEKALI DENGAN SEMUA ATURAN ISLAM apapun itu bentuknya !!!!!

20 02 2012
bull

mantappppp…

25 07 2009
bimbi

perbedaan pendapat bknlach alasan bwt kita unt menjelekan orng,janganlah prnh mersa malu unt mengakui kebenaran dari seseorng,krn setiap orng mempunyai kelebihan dan kekurangn,mka sbgai manusia kita harus saling melengkapi,islam bkn lach arab walaupun islam di turunkan di tanah arab,islam bknlach memperpanjang jenggot,atau yg lainnya.dan iman seseorng tdk bisa di nilai mutlak dari cara berpakaian.marilah kita berlomba membuat islam menjadi agama rohmatan lil alamin,sehingga setipa orng akan merasa tenang dan aman dngn mendengar kata islam,dan berlomba menjadi hamba allah yg beriman,cerdas,berakhlaq mulia,dan mempunyai hati.

3 02 2010
ucin

SAYA RAGU MAS….

APAKAH ANDA SALAT 5 WAKTU SEHARI…………….?

5 09 2009
GajahMada

Setuju…..1000000 x setuju…..
Ahklak agama tidak dilihat dari cara berpakaian dan berbusana, tapi dari cara kita memahami agama dengan toleransi dan keyakinan yang suci.

3 02 2010
ucin

OLEH KARENA KEYAKINAN KITA SUCI ITULAH MAKANYA harus pakek jilbab mas…

terang2an lho Allah mewajibkan memakai jilbab kepada setiap wanita yang bersyahadat…

eh…………mas berani2nya menghujat Allah..

mas emang keren…

tapi sayang gak pernah buka Al-Qur’an, membacanya….apalagi memahaminya….!

bagaimana mau meyakini islam yang suci….!

17 02 2010
dia

Tapi mbak ucin, banyak kok ditemukan cewe-cewe berjilbab yang msh suka melakukan zinah ato dosa. apakah mereka juga menyakini keyakinan mereka suci?

Secara pribadi, saya setuju dengan masalah…pakaian tidak menklaim tingkat keyakinan kita. Ingat, hanya Allah SWT yang bisa menilai apakah hambanya benar-benar hamba yang taat atau tidak. Ingat, bahwa pada saat trumpet Isrofil dibunyikan kedua kalinya, mungkin kita tidak berbusana sama sekali. Karena kita semua baru bangkit dari kubur. Dan ingat, kita dikuburkan hanya menggunakan kain putih yang melilit sekujur tubuh kita…bukan pakaian muslim atau muslimah.

Hanya Allah SWT yang tahu sedalam apa keyakinan setiap hambanya. Bukan manusia. Hanya Allah SWT yang berhak menilai kedalaman rasa taat seorang manusia, bukan manusia. Dan Allah SWT tidak menilai semua itu, hanya dari pakaiannya…

11 09 2009
ahmad ali akbar albantani

Jah… Ulil Ente ngomong apan sih,,, yu Kita Kopi darat aja…
Ente berbicara tentang kebebasan dalam …
Afwan.. Kalo Istri ente dicicipin sama lelaki laen, ente mau kaga tuh ?
Afwan Jiddan loh….

29 06 2010
hamba Allah

He, Ahmad…ente ini yang namanya preman ber-sorban, tampang doang kayak ustadz…tindakan preman pasar.
Gimana islam bisa jadi panutan kalo gaya ente SENGAK…
wass..

15 03 2011
CS AHMAD

HE YG KASAR TUH ELO GOBLOK.. NGATAIN ORANG SEMBARANGAN.. JANGAN NGAKU HAMBA ALLOH KALO MASIH BELAIN JIL = JAMAAH IBLIS LIBERAL DASAR HAMBA IBLIS BIN SYETAN AL DAJJAL LEO YAHH..

17 09 2009
sudiutamatumangger

Salom,,,, Maju cak ulil, biarkan aja berbuih org menghujat, entar kan tau, apa yang dimaksud, tanpa kebebasan perbikir mana mungkin ada pengetahuan. Entar lagi kita maju dari mazhab sYiah yang lib, saya berdoa kpd Alloh, agar kita diberi kesehatan, Amen

15 03 2011
SALOME

apa maksud ente pake kata salom he.. gak sekalian ajah haleluyah

23 09 2009
Jaka

Ah ulil lagi ulil lagi cape deh!..biarin aja toh otak ulil udah ketutup sama dolarnya bush!salut buat para pendukungnya semoga anda semakin kegelapan

7 10 2009
Ichsan Taufiq

Kalo bgitu cara berfikir mahkul ulil ini..berarti bisa jadi di pedalaman HAWAII sana dibolehkan wanita muslim pake hula-hula (bra tempurung kelapa + daun2an yg menutupi pinggul serta kelamin saja) + jilbab utk menandakan dia wanita muslim..krn pakaian itu lbh dihormati & sgt mengkultur pd daerah itu ketimbang pakaian formal kita skrg…sungguh logika cacat yg dipaksakan..

Saran saya kepada mas ulil..logika manuver pesawat tempur, hanya berlaku di udara dg tatanan2 terbang…jgn sampe anda bawa logika pesawat tempur ke dalam dasar lautan…krn bendanya salah & medianyapun salah..Saya lihat anda sangt sering menggunakan logika2 liar terhadap isu2 penting dalam Islam..

8 10 2009
tsuroyya

Bismillah…
pertama – tama yang harus kita ingat dan yakini adalah bahwa Islam adalah agama yang mempunyai misi rahmatn lil ‘alamiin ( kerahmatan bagi seluruh makhluk dunia ), dari keyakinan ini, kita akan menyimpulkan bahwa Islam adalah kesalehan dan kedamaian yang sangat universal baik kepada personal maupun interpersonal.
salut pada gus ulil, moga Islam yang damai dan penuh rahmat ini tidak terkontaminasi oleh simbol-simbol yang bersifat parsial dan semu….
Wassalam

14 10 2009
Cinta Sesama

ini sebenarnya diskusi menarik sayangnya ada yang ngaku-ngaku Cinta Allah dan Rasul tapi kok mendoakan jelek kepada umatnya RasuluLlah Muhammad? Ahhhh cinta palsu ini pasti….
kalo jilbab itu pakaian wajib, kasihan nenek-nenek kita pasti amal ibadahnya berkurang karena dulu mereka memakai kerudung dan berkain kebaya yang lekak-lekuk tubuhnya menempel pas di pakaiannya…apakah mereka akan kita doakan sebagaimanan kita doakan orang yang bercerita tentang pengalamannya ini? Padahal di masa lalu sudah ada Syeh Nawawi Al-Bantani yang hati-hati dalam berbicara sehingga malu untuk berbicara yang tidak perlu apalagi sampai mengatakan hal-hal yang mungkar di hadapan banyak orang.

14 10 2009
ijul

keragaman suatu karunia menurut saya, gak perlu dimusuhi apalagi sampai menyinggung perasaan dalam menanggapinya … jilbab adalah pakaian .. so what dg pakaian .. krn kebetulan jilbab banyak dipakai di arab yg secara geografis banyak padang pasir / berdebu kalo dianggap cocok atau membuat nyaman pemakai yg di luar habitatnya sah2 aja pun kalo dimodifikasi .. terserah aja yg penting bisa membuat nyaman dan berdaya guna bagi pemakainya

3 02 2010
ucin

memakai jilbab adalah sebuah syari’at yang diwajibkan oleh Allah di dalam al-qur’an…bukan karangan muhammad…

sama seperti ibadah2 yang lain seperti salat,
zakat,
puasa.
larangan minum kahar…dll…

mas…mau tanya neh…
kira2 salat, zakat, puasa itu juga budaya arab ya…?
soalnya, shalat puasa n kewajiban berjilbab juga di tulis dalam al-qur’an..!

tapi mas pikir2 dulu ya jawabnya….

karena jika ana menjawab ya..
DEMI ALLAH ANDA ADALAH SEORANG KAFIR DAN MURTAD SERTA KELUAR DARI AGAMA ISLAM

26 07 2012
sangkala

ia kaya’nya budaya arab ramadhan kan bulannya arab dulu budaya arab saban ramadan ya puasa bagi yg shaleh {dalam konteks pra wahyu} sedekah, sembahyang itu budaya kesalehan arab kuno …. apa dong yg mereka bikin didepan patung dan ka’bah, puasa apalagi haji itu juga …… intinya nabi melaksanakan misi islamnya debgan tatacara yang tidak asing bagi orang arab dan dia tentunya, kan nabi2 yg lain kaya’nya juga begitu melaksanakan islam berdasarkan budaya lokal makanya syariatnya beda2 kali ……. berhubungan dengan menutup aurat ya diperintahkan juga tidak lepas dari tatacara pakaian budaya lokal. kaya’nya semua sudah ada sebelum ada wahyu cuma mungkin ganti kemasan dan tujuan.

20 10 2009
Sarmed

Kalau sholat budaya Arab bukan ? krn sholatnya orang Jawa nggak gitu. Puasa juga gitu, krn puasanya orang jawa cuman mutih doang. Apalagi naik haji, kenapa cape2 mesti ke Saudi, kenapa nggak thowafnya di Borobudur. Mandi junubnya orang jawa cukup nyemplung di sungai.

Anda para liberalis akan berkilah, bahwa saya tidak bisa membedakan mana yang yang berlaku universal dan mana yang khusus untuk orang arab. Kalau begitu ayo dong buatin daftar dari ibadahnya orang islam, mana yang budaya mana dan mana yang bukan.

27 03 2010
jog

sarmed wong edan ngomong opo kw gak genah………..

26 11 2009
Abu Hasan As-Salafy

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kang Ulil, weleh2 . . .
Eh ada jg yg ikut2an kang Ulil, mereka setuju, mendukung dan membela kang Ulil yg saya katakan di sini, sudah ‘gila’

Islam dan Liberal adalah dua istilah yang antagonis bung, eh malah di satu2in. Liberalisme hanya konsep orang2 kafir, yg mereka pakai.

Jangan sampai kalian semua kerasukan paham JIL alias Jaringan Islam Liberal. Paham yg konsepnya terdiri dari Liberalisme (Kebebasan), Sekularisme (pemisahan urusan duniawi dan akhirat) serta Pluralisme (Penyamarataan semua agama).

Gejala ‘Kerasukan’ JIL
Gejala ini perlu untuk kita ketahui. Siapa tahu di antara kita ada yang menolak pemikiran global aliran JIL, tetapi mengidap sebagian penyakit yang diakibatkan oleh virus yang mereka sebar. Atau setidaknya kita bisa mendeteksi para pembicara dan penulis, pengikut JIL ataukah bukan.

Di antara gejala yang tampak pada orang yang kerasukan JIL adalah mendahulukan akal dari pada dalil syar’i. Inilah gejala yang paling ketara. Seringkali dalil al-Quran dan al-Hadits ditolak dengan dalil akal. Mereka tinggalkan tafsir para ulama salaf dan condong kepada tafsir hermeuneutika, tafsir ‘semau gue’ yang diadopsi dari para filosof Yunani yang kafir. Sesuatu yang telah baku dan qath’i dalam al-Quran pun kerap kali mereka tolak dengan dalih ‘kontekstual’.

Mereka juga menjadi penganut yang paling berani dalam mengkritik al-Quran dan as-Sunnah yang shahih, juga berlaku sinis terhadap para ulama salaf. Mereka tidak mengenal definisi bid’ah, syirik atau murtad. Isu pluralisme, bahwa semua agama sama menjadi titik tekan. Maka mereka adalah kaum yang paling kebablasan dalam hal ‘toleran’.

أَتَوَاصَوْا بِهِ بَلْ هُمْ قَوْمٌ طَاغُوْنَ
“Apakah mereka saling berpesan tentang apa yang dikatakan itu. Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas.” (Adz-Dzariyat: 53)

Juga lihat

وَمَنْ يُشَاقِقِ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا

“Barangsiapa yang mendurhakai Rasul sesudah jelas kebenaran baginya dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang Mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam dan Jahannam itu seburuk-buruknya tempat kembali.”
(An-nisa: 115)

Bahkan ketika ingatkan mereka pada kebenaran, mereka malah membantah dengan Al-Quran dan Hadist.

Maka pantaslah mengapa
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Artinya : “Yang paling saya khawatirkan atas adaalah orang munafik yang pandai
bicara. Dia membantah dengan Al-Qur’an.”

Beliau juga bersabda:

Artinya : “Mereka mengklaim diri mereka sebagai pembaharu Islam padahal merekalah perusak Islam, mereka mengajak kepada kepada Al-Qur’an padahal merekalah yang mencampakkan Al-Qur’an

Mengapa demikian ? Karena mereka bodoh terhadap sunnah. [Lihat Ahmad Thn Umar
al-Mahmashani: 388-389]

Maka berhati-hatilah, jangan sampai terperdaya oleh tipu muslihat kata2 mereka.

Hak ilmu adalah amal, apabila kita memiliki ilmu maka harus diamalkan

hak amal adalah ilmu, apabila ingin beramal maka harus ada dasar ilmunya.

ini alasan mengapa kita WAJIB menuntut ilmu agama. Agar kita tidak tersesat

Wallahu ‘alam.

Mohon dikoreksi apabila ada yang salah..

1 01 2012
m.jaki

gue setuju tuch,apa lagi pendapatya pakai dalil lagi……….,mudah2an kita terhindar dari pemikiran2 seperti ulil cs.yang terpenting bagi kita menjaga keluarga terhindar dari pemikran yang sesat,klu nurutin nafsu dunia ni, tak ada habis-habisnya.berfikiran bebas boleh tapi……klu udh menyakut aqidah,hukum dan nash dalam al-quran jangn main pakai aqal.harus merujuk kepda quran,hadits dan pendapt pra ulama salaf trdhlu.

29 11 2009
HATER SEPILIS (SEKULER,PLURAL,LIBERAL)

NAUDZUBILLAMINDZAALIK!!!!!!

1 12 2009
asik

aku radong…………..manut wae………..

7 04 2010
Akhyar

emang sampeyan rodo kendo

6 12 2009
Moren

Wahai saudara saudaraku…mengapa harus kita yang beradu argument tentang si Ulil.
Mengapa Justru kita yang bertengkar dan saling hujat ? itulah sebenarnya yang diinginkan Kelompok si Ulil dan sponsor2nya. Ia ingin memecah Islam dari dalam !!!
Sebenarnya kelompok tersebut tidak layak menyebut diri mereka sebagai Islam, karena mereka mengingkari/tidak mengakui Rasulullah SAW.
Yang penting kita menjaga diri sanak keluarga teman sahabat, agar tidak terkontaminasi ajaran2 mereka. oke.

11 12 2009
bayu

ulil itu hanya orang yang baru seneng2 memanfaatkan bagian otaknya untuk ber improvisasi .yang penting asal barat, pasti itulah idolanya.terlalu mudah ditebak jalan pikiran si ulil ini.jangan2 waktu kecil dia punya dendam pribadi yang membekas .

15 12 2009
nakadjo

ULIL ITU KAN MASIH MUDA….Begitu Gus Dur kasih komentar tentang Ulil. Masih muda itu artinya apa? Saya rasa kita tahu jawabannya kok! Cuma, ya itu…jangan mentang-mentang dengan alasan masih muda, lalu Ulil jadi semaunya sendiri. Saya pikir untuk Ulil dan teman-temannya di JIL (apakah yang masih muda, tanggung atau yang sudah tua sekalipun) sekali-kali boleh jugalah datang ke dokter untuk memeriksa kesehatan, siapa tahu anda sebenarnya sedang sakit tapi anda tidak sadar. Begitu aja deh. Mohon maaf.

23 12 2009
gusdur

Gitu aja kok repot!
bunuh aja itu ulil sama ahmad,semoga saja darah mereka halal untuk ditumpahkan!
suatu saat semoga Allah memberiku kekuatan untuk membunuh mereka!Amin
Ingat bahayanya orang tolol,belajar agama kok ditempat negara kafir!
ya jadinya sesat deh!

22 01 2010
Da Yung

Buat yang ngaku namanya Gusdur, 23-12-2009 di atas: Kamu harusnya ditaruh di Gitmo sama Hambali.

2 05 2010
edi dosa

Apakah Islam identik dengan bunuh membunuh jika ada manusia yang bersalah maka manusia lain yang membunuh dengan mengambil dasar kitab suci kalau demikian adanya sangat diragukan sekali kemahakuasaan Allah SWT hanya menghadapi seorang ulil saja minta bantuan seorang manusia yang belum tentu steril dari dosa.

23 12 2009
gusdur

eh ada yang lupa ulil itu otaknya taruh mana ya?
ada 2 pilihan,
a.Dipantat
b.Dilutut/dengkul
c.Dipembalut
d.Dianus

15 03 2011
HAMBA

DI PEMBALUT DAN DIANUS BOZZ

26 01 2010
Bara

Jangan pakai nama gus Dur dan nggak sopan…….anda jauh dari Islam atau mungkin …………antek Zionis yang senang adu domba. Rasanya tempat anda tidak cocok di sini.

Saya…juga 1000% persen adalah “musuh” pemikiran …Ulil Absar, JIL Co. Ltd. & patners.

Yang jelas Ulil itu adalah sosok yang terkena syndromme rendah diri “di depan peradaban Barat”…..boleh diakui..dan boleh tidak. Biarkan dia….terus berkiprah di jagat “pemikiran”, sedemikian juga anda dan kita2 akan selalu melakukan untuk menghadapinya.

2 02 2010
oke

Ulil jelas salah menurut Islam.
Tapi jika Ulil hidup di jaman Nabi Muhammad mungkin akan dibiarkan saja.
Kalo sekarang malah dianggap hallal darahnya.
ironis.
Islam sekarang memang lebih Islam daripada Islam jaman dulu.
Wajar sih karena jaman sekarang setannya lebih pinter.

26 07 2012
sangkala

kita balik aja mas kira2 kalo nabi hidup jaman sekarang sikapnya bagaimana (skalian berandai2) ato kalo nabi orang jawa kira2 syariatnya kaya gimana ….. aduh tambah bingung nih

3 02 2010
ucin

Mas ulil emang pnter..
mas ulil emang keren…
mas ulilemang mantap..

tapi seluruh kekaguman ini hanya untuk ornag2 kafir dan fasiq yang akan dimasukkan oleh Allah SWT di akhirat kelak..
kembalilah mas ulil ke jalan yang benar..
kembalilah ke shirat al mustaqim..
mas…ayolah..kembalilah berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan sunnah..

ini adalah ungkapan dan rintuhan saudaramu yang tak ingin manunisia hebat dan sepintar dirimu masuk kedalam jurang kesesatan syaitan..
ayolah mas…
gunakanlah akal sehat dan iman mu tuk kembali kepada Al-Qur’an dan sunnah..

ya mas ya….

ini adalah ungkapan rasa cinta ku kepada seluruh hamba Allah yang telah bersyahadat…

mas…pintu taubat Allah masih terbuka lebar lho mas…

saya rela kok membantu mas menemukan jalan hidayah tersebut..
kami disini siang dan malam mmendoakan agar mas mendapatkan hidayah nAllah tersebut..

mas..jagalah dirimu . anakmu. istrimu dan kaum keluarga serta kerabatmu dari api neraka yang bahn bakarnya terbuat dari jin dan manusia…

mas….ayolah mas…

berapa banyak lagi orang mukmin yang ingin mas sesatkan..
ayolah mas…

aq yakin mas mampu kok menemukan jalan hidayah Allah itu…

gunakanlah ilmu yang telah Allah berikan kepada mas guna membela agama Allah ini…

berhentilah mas…

sebelum Allah yang memberhentikan mu…….

aq sayang kepadamu……………

4 02 2010
ayu

mas Ulil udah kebanyakan makan uang haram.. hatinya pun udah sgt jauh dari Allah SWT ..pastinya akan ksulitan untk bertobat n sadar karena hatinya udah tertutup. mungkn jg mas Ulil takut gakbs mengembalikan ratusan ribu bhkn mgkn jutaan dollar yg udah dterima? atau takut dbunuh jika bertobat? karena udah terlanjur nyebur akhrnya gakbs naik k darat lg.. sayang, Mas Ulil lbh takut smua hal itu dbanding adzab Allah SWT.. kasian Mba Ienas Tsuroiya ,Ben,Billy..mereka pun akan ikut tercemar akhlaknya karena doktrin2 yahudi yg melekat d alam pikiran mas Ulil. ya,ada harga yg hrs dbayar jika seseorang menghujat Allah SWT,Rasul Nya, agama dan hukum2 Nya.. org2 seperti mas ulil memang akan slalu ada smp akhir jaman..tp pasti akan selalu ada pula orang2 yang akan tetap berdiri kokoh dan tegap membela Allah SWT,RasulNya,agama dan hukum2Nya.. insya Allah kebenaran tidak akan pernah sekalipun tertukar dgn kebathilan..

9 02 2010
khomar

ulil sssssssssssseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttttttttttttaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn………………………setan wujud manusia…………..taubatlah ulil sebelum laknat alloh menimpamu…

13 02 2010
Rizno

heehe2x,,..ayu yang baek,.aq rasa kmu perlu ke physicolog untuk memeriksa pikiran kmu yang sok,.suci and so hebat dimata Allah,..di dunia ini anda tidak bisa menghakimi orang.,.karena yang bisa menghakimi manusia adalah Allah,.sebelum anda menunjukan hidung orang laen,..tunjuklah dulu hidung kamu,..klo anda belajar tentang theory liberal,..anda tidak akan menganggap agama anda lebih benar dari agama laen,..karena seyogyanya,..kebenaran sejati adalah terdapat pada kebebasan setiap orang untuk berpikir,.bertindak dan bebas ber argumen dalam pola pikir liberal,..klo mau lebih hebat lagi,..belajar donk Filsafat,..karena dengan filsafat,..anda tidak hanya melihat agama dari salah satu sudut pandang saja,..bravo ulil

15 02 2010
Joe

Weleh2 tambah seru ae.. ada yang pengen kembali ke surga,padahal inna li illaahi wa inna ilaihi raji’un.. jd bukan kepada surga anda kembali.. dan bagaimana anda bisa kembali kepada Tuhan jikalau hati masih dipenuhi unsur dengki,hasut ingin benar sendiri bin egois, padahal hanya jiwa2 yang tenang ( muthmainnah)yg dapat kembali kepada Tuhannya..
ada yg jelas2 mngatakan kafir.. masya Allah..! padahal itu kan hak prerogatif Tuhan..
malah ada yang mendoakan jelek.. apakah seperti itu yg diajarkan kitab dan junjungan kalian??
Alqur’an yg berupa mushaf itu diam, dan baru berbicara kalau ada yang memberi makna..
Disini semua saling mengeluarkan pendapat,yg saya yakin pasti smua saling meng klaim yg plg benar sendiri, namun itu wajar sekali sampai ada kata hujatan,hasutan dll.. nah kata2 spt itu yg tdk bisa di benarkan
Marilah kita melaksanakan agama kita sebaik2nya dgn keyakinan dan pemikiran kita sendiri.. karena agama lebih banyak dilaksanakan daripada utk di perdebatkan..
wallaahu a’lam bi as showwab

17 02 2010
dia

Setuju sama mas Joe…idem…

21 03 2010
indon

Tau kaga masalah besar bangsa indon apa?, PENDIDIKAN, waktu jaman kemerdekaan kita bagus dalam pendidikan, sampai export guru, sekarang kita export pembantu, kuli dan teroris teroris teroris

Sampai-sampai pendidikan kurang di akui secara pergaulan internasional dan bagai katak dalam tempurung, kelihatan banget dari komentar-komentarnya. Adalah sah di alam demokrasi orang berpikiran seperti apa karena di jamin undang-undang, kita NKRI bukan negara islam, kita negara pancasila. Jangan sombong ngomong soal darah halal, orang yang lain kalau di kerasin pun bisa keras. Banyak manusia sok berlaga nabi dan menyamar sebagai komentator, apalagi bawa-bawa al quran dan nama Tuhan sebagai pelindung… Tuntutlah ilmu lebih tinggi, di dunia ini bukan cuma 1agama saja

15 03 2011
SALOME

jangan ngatain IN DOwN gw tersinggung sebagai anak bangsa yang lengkap INDONESIA.,, di dunia ini cukup tau ajah cuman satu yang paling BENAR yaitu ISLAM… kalo semua bener buat apa pilih islam.. jangan jangan loe punya 5 KTP dan 5 agama nih..

26 07 2012
sangkala

baca al qur’an 2:62

24 03 2010
Ilham

Islam tidak liberal dn tdk akn prnh bs liberal jk kt tdk mnmbh2 ajaran islam yg murni.
Kmntar buat mas ulil, jk skrng anda brtoleransi dg jilbab dg pakaian ketat, gak tau nanti toleransi apa lagi yg akn brkembng lg jk islam smkin diliberalkan.. Mungkin pake jilbab tp boleh pake bj dn celana pendek. Nauzubillah.

27 03 2010
jog

ancur dunia. kalo pikiran manusia sudah didewa-dewakan seolah hasil pemikirannya lebih bener dari qur’an dan sunnah.

28 03 2010
Fadil

Ulil jelas-jelas kafir krn sudah banyak nasehat dan peringatan, brg siapa yang tidak mengkafirkan maka diapun kafir !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

10 04 2010
Ima

Salut buat mas Ulil, pemikiran Anda memang aneh bagi orang2 yg hidup seperti katak dalam tempurung. Semua yang ada dianggapnya sama, karena tidak ada cahaya dalam tempurung yg memadai – padahal sebetulnya ada warna pelangi di dalam sana. Mereka memaksakan diri pada orang lain untuk SAMA, kl tidak KAFIR, MURTAD dlsb.Mereka tidak siap menerima perbedaan, karena memang -maaf- tidak memiliki bekal yang memadai.Mencerna tidak dengan hati dan logika, tetapi dengan emosi semata.
Bagi saya, tulisan-tulisan mas Ulil adalah salah satu bentuk kedewasaan dalam mengapresiasikan apa yang diajarkan islam pada umatnya. Benar – Salah, Shaleh – Kafir apalagi Surga – Neraka, bukan kapasitas kita menilai untuk wilayah samawi ini.
Saya tunggu tulisan-tulisan lainnya mas Ulil. Bagi yang tidak seide, tidak usah menghujat. Karena itu akan semakin menunjukkan seberapa kapabilitas keyakinan dan intelektualis anda.

16 04 2010
SGG

KALO NGOMONG AGAMA YA IKUT TUNTUNAN DONG.DARI ROSULULLAH,TABIIN,TABIIT TABIIN TERUS DARIA GURU YG BUKA KITAB.BIAR GA SESAT KE NERAKA KARENA SUDAH ADA CONTOH DARI BELIU-BELIAU.KALO PENDAPAT SENDIRI,SIAPA YANG TANGGUNG JAWAB BENER ATAU NGGA.

30 04 2010
nanangkediri

istighfar.. Astaughfirulloh 1000x, mohon maaf saudaraku Muslimin Muslimat, mari minta ampun kpd Allah SWT. smoga Alloh mengampuni segala dosa kita, Amin.

3 05 2010
Muaz

saya memperhatikan komentar demi komentar,, yang menentang Ulil kasar2 sekali ucapannya, srolah2 mereka benar dalam beragama, menghakimi seolah2 mereka suci…

Bali : semakin banyak budaya asing masuk semakin kental mereka mempertahankan budayanya…
jadi kalau islam di analigikan dengan bali, bisa bersanding dengan budaya lain, ..pikirkan yang akan terjadi..pasti baik sekali dampaknya

8 06 2010
Hafidz

Orang bodoh akan berkomentar tentang kebodohannya, keanehan pemikiran Cak Ulil tentang al-Islam mengingatkan saya bahwa saat inilah al-Islam harus yang aneh karena ketika al-Islam menjadi aneh disitulah perubahan sedang terjadi, bukankah disuatu masa al-Islam akan dianggap aneh kembali sama seperti awal kemunculannya? Keanehan al-Islam di tengah-tengah ummatnya membuktikan bahwa ia mulai terbangun dari nina bobonya yang panjang…

10 06 2010
rhino

ambil positifnya,,,buang yang jeleknya,,,susah amat c,,,
ga kan abis dan ga kan ada yang ngalah,,

14 06 2010
Wijhatul Haq

Saya malu masuk JIL karena setiap bicara tentang JIL pasti yang terbayang si Ulil, maka secara dofakto si Ulil kelurga NU tentunya tradisi ke enUan sangat ortodok, konservasif, ekstrimis daribaghasa pondok an NOP dekkek saya sangat malu apalagi saya sebagai kelurga besar NU melihat sepak tejangnya si Ulil bikin NU imit di masyarakat kurang baik kalau melihat semangat si Ulil “terlalu kampungan” kenapa kampungan lihat Nih”Saya ini, by birth’’ ya pastilah orang NU. Tetapi saya yakin seyakin-yakinnya bahwa keimanan saya seperti sekarang ini sudah tak lagi memadai untuk diringkus sebuah label yang namanya NU. Bahkan, kalau mau ditarik lebih jauh lagi, keimanan saya bisa berinteraksi dengan keimanan orang-orang dari agama lain; bahkan islam pun sebagai sebuah ‘label sosiologis’ kerapkali tak lagi memadai untuk menampung semangat yang ‘lintas batas’ ini” kalau bukan orang awam tidak mungkin terjadi seperti ini” mudah temakan oleh doktrin filsafat sesat yaa. maklum dasar kampungan,,.. ini banyak contoh lihat di tempat2 kajian, pelatihan …. ke organisasian PII,PMII, HMI, KAMMI yang palin gmudah termakan adalah anak kampungan .. dipermainkan tidak terasa seperti tu si Ulil dipermainkan orientalis barat aku malu ah jadi pengikut Jil karena kampungan lagi awam agama.. !
Reply

24 06 2010
bani muslimin

Memelihara jenggot ada dalilnya koq

26 07 2012
sangkala

mungkin karna belum ada seragam dana terbatas suasana chaos perang bunuh2an jenggot adalah pembeda paling praktis dan ekonomis pada jamannya kan

16 07 2010
dodi

saya melihat kehadiran ulil dan kru2nya jadi teringat dengan ajaran Nabi Shollallohu alaihi wasallam agar kita berlindung dari fitnah dajjal setiap selesai sholat.
Alangkah buruknya manusia yang hidup cuma sekali ternyata hanya menjadi musuh dakwah, penebar fitnah, mementahkan ajaran.
seorang yang benar-benar beriman dia akan sangat hati-hati dari menyelisihi ajaran.
sedangkan Ulil dan kru2nya malah bangga ketika disebut sebagai orang yang sesat.
dan saya Walloohi sering membaca buah pikiran ulil dibeberapa media dan sama sekali tidak menunjukkan sebagai seorang muslim yang mencintai sesama muslim, tidak menunjukkan sebagai seorang muslim yang mencintai kitab sucinya, dan tidak menujukkan sebagai seorang muslim yang mencintai sunnah Nabinya.

nggak usah heran karena memang sunnatullonya bahwa setiap saat pasti ada kebenaran dan ada kesesatan, hanya saja WALLOOHI rasanya sulit untuk menilai bahwa ulil itu orang yang baik dalam Islam, lihat saja kepada siapa-siapa yang menjadi temannya, kemana dia beraveliasi selama ini, bukankah dia selalu bersepakat dengan orang-orang kafir dan bangga dengan gaya hidup semacam itu!!
wahai kaum muslimin kita harus senantiasa memerangi fitnnah dajjal ini…

16 07 2010
Luthfi

orang kafir mungkin akan tertawa gembira jika membaca komentar-komentar para sawdara yang saling mengkafirkan satu sama lain.
man kaffaro akhoohu musliman fahuwa kaafirun.
saya setuju dengan pernyataan almarhum Gus Dur, kalo mas Ulil itu seperti Ibnu Rusyd dijamannya.

23 08 2010
Muallaf

Ngapain kalian pusingin komentar – komentar ulil dan antek2nya, saya rasa tidak ada guna saja, biar Allah SWT yang maha kuasa atas nasibnya kelak.
Buat kita umat islam mari kita koreksi ke islaman kita kalau memang kita merasa muslim,
Pegangan Hidup cuma dua :
“Melaksanakan Perintah & Menjauhi Larangan”
Pedoman Hidup pun cuma dua :
” Al Qur’an & Hadits Sahih”
Jadi daripada kalian buang energi hanya untuk menghujat mending kalian diam ajalah, kalau sekedar nasehat bagus itu, tunjukkan adab ke-islaman kalian, Rasulullah sendiri dihina bahkan di ludahi, dilempar kotoran dll tapi tidak memaki seganas kalian, cukup kalian nasehati aja, kalau masih tidak mau dengar biarkan azab Allah SWT menimpa mereka dengan doa kalian.
Kalau kalian memang merasa benar dalam islam, Tawadhu dalam hidup insya Allah doa kalian akan di kabulkan oleh Allah SWT.
Wassalam

26 07 2012
sangkala

setuju mas, nabi pun dianggap sesat pada jamannya hanya karna berbeda pendapat dengan pemuka2 gurais, yang jelas pernyataan didukung dgn alasan yang jelas dan kuat.

9 09 2010
labib hafidz

itu hak dia…,gitu aja kok repot?!

23 09 2010
Wijhatul Haq

Saya malu dekat2 cara berfikirnya si Ulil karena terlalu kampungan/islam tradisional aliyas kampungan

28 09 2010
Isala b.s.

Astagfirullah….
Semuanya baik,diambil hikmahnya saja,
tidak usah mengkafir-kafirkan,perihal benar dan salah kita
kembalikan pada Al-Qur’an dan Sunnah

26 07 2012
sangkala

mas isala itu masalahnya al Quran dan sunnah pun masih punya banyak tafsir …..

5 10 2010
Taufik Herjanto

sudahlah tidak usah memperdebatkan mana yg benar dan mana yg salah. aku malu sebagai muslim bila semua umat Islam slalu bermusuhan hanya karena perbedaan. Perdebatan itu hanya akan melahirkan perpecahan, melahirkan kesombongan, merasa menjadi hakim, mari kita kembalikan semuanya ke sumber agama Islam yaitu Al-Qur’an dan Al-Hadits.

28 10 2010
reaza

mas masnya yang di atas, jika kalian mengasimilasikan islam dengan budaya daerah setempat, lambat laun islam itu akan seperti kejawen yang sebenarnya bukan islam, marilah kita kembalikan islam pada al qur’an dan al hadits, kita contoh rasul karena rasul adalah tauladan yang paling sempurna diantara tauladan kita yang lain, ittiba pada rasul dengan maksimal maka insyaAllah kita akan masuk surga

21 11 2010
anto

Ambil S3 di Amerika, tentang Islam … nggak salah tuh ..; Salah satu menghancurkan Islam yaitu dengan mengubah Mindset / Pola pikir, hal yang berbau liberalism dan tentunya iming2 beasiswa atau bentuk penghargaan … yang tujuannya untuk mengubah mindset anak bangsa yang tadinya berdasarkan Al-Qur’an dan Hadist menjadi Liberalism dan pluralism, dan dibutuhkan seorang yang cerdas macam Ulil ini sebagai pengerak… “Masuk akal nggak sih ambil S3 tentang Islam di Amerika … “. Menghancurkan Islam yang paling jitu saat ini adalah dengan mengubah mindset mereka untuk jauh dari Al-Qur’an dan Hadist..

Silahkan anda baca tentang literatur para orientalis , tentang strateginya, karena semenjak Rusia ambruk (komunis) musuh kaum orientalis saat ini yaitu islam, dan perhatikan apa yang terjadi di palestine, Afgan, irak, dan untuk di Indonsia strateginya beda … “Beasiswa untuk mengubah Mindset dan Paradigma Keislaman”

4 01 2011
Abdan Rahman

Sebenarnya bukan menyalahkan sekolah/PT /tempat belajar si Ulil yang salah adalah si Ulil/bapak, ortu dan guru2nya sebelumnya kurangnya memahami akivdah islam yang paling mendasar (benar) sehingga pastilah ketut kagum …..
Coba kita lihat/perhatikan sipakah yang paling banyak ,gandrung dengan JIl atau mudah terpukau pastilah sekali lagi pastiiilaaah dari golongan islam awam primitif dan tradisional,

17 12 2010
Ulil gubluk

Ngapainsih lo sibuk2 bahas agama orang lain, kurang kerjaan amat, bagus lu ngempesin ban KRL di senen sana…
Rambut lu boleh item, pale lu boleh di atas, sekoleh lo boleh tinggi, tapi agama lo cukup lo bungkus ndiri aje, mau lo bikin campur2 terserah lo. G usah disama-samain ma yang lain yang udah jelas benang merahnya… -JELAS BENANG MERAHNYA- anak kecil yg baru ngaji 1 taun aje ngerti, gubluk amatsih…

18 12 2010
Heran

Yang saya tahu, Allah memerintahkan perempuan untuk menutup auratnya dari kepala hingga ujung kaki kecuali wajah dan telapak tangan, bukan untuk pamer2an TINGKAT KETAKWAAN deh, atau juga bukan untuk mengidentikkan islam dengan busana…tetapi hanya untuk MENUTUP AURAT !!!!Islam BUKAN SOAL BUSANA! Apapun busananya, asalkan menutup aurat(termasuk lekuk tubuh) ! That’s the only function !! Jadiiii kalau suatu negara budaya pakaiannya membuka aurat,,, ya yang salah adalah budanya nya!!! Apa itu asimilasi budaya dan agama?? Mau jadi orang yg berbudaya atau orang yg beragama?? Jadi kalian ini ribut2 soal busana penentu tingkat ketakwaan yang mana sih ??? Bodoh semua yaaa…

24 12 2010
pakdhe warno

sing apik2 yo!, tak dungakno mlebu surgo kabeh…………..
aku yo isane mung dungakno tok…………………
Sing bodo soyo bodo, opo sing pinter soyo pinter..?????

24 12 2010
pakdhe warno

sing apik2 yo!, tak dungakno mlebu surgo kabeh*…………..
aku yo isane mung dungakno tok…………………
Sing bodo soyo bodo, opo sing pinter soyo pinter..?????

*. Syarat dan ketentuan berlaku seperti yang ada di Al Qur’an dan Hadits.

26 12 2010
surya

aduh…. parah ne pemikiran nya… smoga allah memberikan kamu hidayah dan kembali kepada kebenaran…

26 12 2010
surya

mas ulil tu ngomongnya slalu buat orang gregetan, mas ulil tu seneng bgt liat smua umat islam ne emosi gara2 tulisan dan fatwa2 nya yang g ada dasar al-qur’an dan hadist… kalo orang dah emosi pasti dia ngakak2 ketawa… ajib… ajib….

26 12 2010
surya

jangan-jangan mas ulil golongan orientalis ya??? ingin menghancurkan islam dengan mempelajari islam tapi ingin menghancurkan islam itu sendiri….

4 01 2011
Abdan Rahman

Bukannya jangan2 lihat aja realita yang sebenarnya sudah sebagai dalil yang tak terbantahkan.

itulah Allah ciptakan dia (ulil) dan Dia berikan kemudahan mejunu jalan kesesatan sebagai bentuk ketetapan Allah sesuai dengan pilijhan (kecondongan) dia (ulil) dan dialah yang berhak menerimanya azab (pengikut setan) sesaui apa yang ia lakukan.

19 01 2011
batusai....

kenapa mesti ada orang seperti ulil…..

8 02 2011
wawan

Pertanyaan saya cuma satu kepada mas Ulil,….ANDA DIBAYAR BERAPA SAMA KAUM KAFIR ??

17 02 2011
yudy prasetyo

picik, goblog luh..

10 02 2011
rosid tamami

Mari kita sikapi perbedaan ini dengan bijak… meskipun saya juga tdk sepaham dengan arus pemikiran ulil dkk, namun tdk perlu dilawan dg kata2 yg kasar dan bodoh ..bantah dg argumen yang cerdas

13 02 2011
wing

beda daLam haL cabang isLam saya sepakat mas,,, sepakat,,,
sangat sepakat,,,karena perbedaan rahmat,,
tp kLo sdh menyinggung masaLah syari’at, aqidah,,, yang ada dL m aLqur’an dan sunnah, sudah jeLas2 di atur masih juga punya argumen seoLah2 membatasi kebebasan dan bukan kuLtur bangsa,,, itu harus di cerna mas,,,
mari membuka pikiran dan mata hati,,, buka Lg aLqur’annya surat annur ayat 30-33,,,

10 02 2011
Jasmine

Setuju… Jangan saling menghujat. Semoga semua masuk surga, soalnya: masuk surga sendirian apa enaknya, coba?…

19 02 2011
ahmad

Aah ulil aja d’pikirin, dia tuh dah pny kavling
d’jl jahanam no 66.b tetangga’y ramses II (firaun) sebelahnya
persis dia no 66.a
geeeto aja koq repot.

6 03 2011
abdullah

amin

6 03 2011
Maliki

begini, aurat utk wanita dan pria memang ada ketentuannya dlm Islam tapi bukan berarti jenis pakaian yg dipakai harus itu itu aja.

Artinya bagi Ulil, menutup aurat wanita bukan berarti harus memakai pakaian yg sama persis dengan pakaian wanita Arab dan Afganistan.

yg pria ? Sama juga! Apakah saya berdosa karena saya pakai celana jeans panjang dan baju kaos ? Apakah saya berdosa menutup aurat saya dengan pakaian tuxedo ?

Kalau anda menentang Ulil maka anda akan berpendapat “YA kamu berdosa! Kamu harus pakai pakaian seperti orang Arab!!!”

Aku yakin orang sekeras Habib Rizieq pun ngak akan memvonis dosa orang yg menutup aurat dengan pakaian non-Arab.

20 03 2011
prs

kalo saya lihat sih, ini si Ulil kenapa ya koq mengejek orang2 arab wanita yang berjilbab panjang… sebenernya intinya itu kan memakai pakaian yang menutupi aurat.. orang arab nggak salah.. tapi koq Ulil malah ngatain rumah siput ya????

seakan2 dia bangga dengan kehidupan dia yang tinggal di amerika…

walah ni Ulil nggak bener itu…

Mustinya di diriin Partai liberal aja.. nggak usah bawa-bawa nama Islam

7 03 2011
farkhan

(hanya ALLOH yg brhk menntkn sseorg ntu kafir apa gak,bnar ato slh,kta manusia gak bisa)klo gtu bubarkn saja pengadilan,robohkan penjara,bebaskan smua tahanan,krn mereka tlah diadili oleh ssama manusia…dasar goblok kuadrat…pura2 gak tau undang2 TUHAN.TUHAN mnjlaskn mana kfir,mana briman,halal haram,dosa pahala mlalui Quran dan Sunah Rosul…tinggal ikut aja,gtu aja kok repot,makanya jangan gebleg kayak si tulil bengsor ambrola

15 03 2011
meinisa manas

setuju.

15 03 2011
Anas

kenapa ya qta paling gampang nyalahin pendapat orang lain?
kenapa qta sulit membenarkan pendapat orang lain?
apakah hidup itu hanya benar dan salah?
apakah hidup itu cuma hitam dan putih?

15 03 2011
suci

orang islam yg merasa paling suci, yg merasa paling bener adalah mereka yg merasa pendapat mereka lebih benar dri ALLAH dan RASUL..
O iya, yg ngaku beragama islam udah pada sholat yg 5 waktu belum?? Mudah-mudahan habis shalat nemu jawabanya yg bener tu yg mana..yg pendapat mas ulil atw al-quran..

15 03 2011
vevi

Tidak usah kaget UAA menentang jilbab. dan menganggap hanya sekedar budaya. wong surah Ali-Imran : 19 saja ia tentang dengan pemikiran “semua agama sama”.
mereka itu golongan orang munafik yang paling tinggi derajatnya.
nauzubillah min zalik

15 03 2011
Akbar

Tulisan ginian selalu rame aja, beda dengan blogspot yang memuat tulisan pertanian atau atau ternak lele dan budi daya jamur yang pernah gua buat,…
He..he.. klo dah gini ketahuan deh kuncinya memporak-porandakan persatuan NKRI… ga perlu pake Tsunami ! masalah sensitifnya masih klasik ga berubah dari jaman Belanda ampe skrg…
Hallow mas Ulil ga usah di expose pemikiranmu yg spt itu cukup dalam hati saja sekalipun klo kamu juga pernah liat pemain bola pantai wanita pake jilbab tapi cuma pake celana dalem doank, kasian jg generasi muda yg otaknya belum nyampe bisa kepengaruh jelek klo penafsirannya salah
buat yang kontra dengan pemikiran mas Ulil anda juga sudah terjebak ikut mempopulerkan mas Ulil, semakin di gosok semakin tenar, liat aja tuh yg tulisan yg pro ke mas Ulil semakin banyak…makin senang ntar dia… semakin orang ingin tahu tentang pemikiran Ulil, jangan-jangan memang itu tujuannya …
udah aja deh mendingan kita pikirin isu-isu yang yg lebih banyak manfaat misalnya : solusi memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi keluarga tidak mampu, mengembangkan ekonomi syariah, meningkatkan kesejahteraan petani dan Nelayan lewat koperasi yang berazaskan Islam, mencari solusi memaksimalkan pendapatan daerah melalui potensi yg ada, dan lain-lain (emang isu2 spt ini jadul ga tren tapi justru urusan ini yg ga kelar2 tapi ga diminati orang)
Semoga kami bisa menjadi umatmu yang lebih baik lagi ya Allah…Amin.

16 03 2011
Fais

saya sependapat dengan mas…

19 03 2011
Kiruh

yuk kita doain semoga Ulil panjang umur…umur panjang…dan panjang umur ….Amin..

1 04 2011
Hanura

Maka nya ulil mau merevisi ayat alqur’an,katanya ia lebih pintar dari ulama- ulama besar, sudah lah di debat kan semua itu demi uang, moga moga anak/saudara perempuan ulil kawin dengan orang yahudi seperti anak pendahulunya cak nur

16 03 2011
saia

banyak bener komennya,,,
*berdoa semuga saia dan keluarga selalu dilindungi allah swt,,,ammmiinnn*

16 03 2011
oz ahmad wisanggeni

ketawa mbaca isi plus komen2nya…

budaya, aturan, keyakinan, biarlah jadi pilihan, yang penting rukun iman rukun islam jalan. masalah surga neraka urusan Tuhan.
dakwah tugasnya cuman menyampaikan, penindasan jangan di jadikan alasan, buktikan lewat karya bakti, bukan cari mati.
penyatuaan kebudayaan mungkin bisa di benarkan tapi masalah menutupi aurat ya tidak bisa di perdebatkan lagi om.
yang jelas kekerasan, penyatuan, penghinaan, penghakiman bukan ajaran islam.

FUNDAMENTAL – LIBERAL SAMA AJA !

16 03 2011
oz ahmad wisanggeni

mas Anas:
DIMANA-MANA YANG ADA BENAR-SALAH, HITAM-PUTIH, AIR-API, SIANG-MALAM, GELAP-TERANG, SURGA-NERAKA, LAKI-WANITA. dll dll dll

KERAGU-RAGUAN ADALAH JALAN SETAN, di tengah bukan berarti aman ato jalan keadilan, tapi cuman orang yang tak memiliki keberanian.

16 03 2011
jibran

Ulil … bersyukur kau dan kenapalah bom tidak meladak pada engkau lebih dulu biar kau tahu siapa Tuhan kau,

16 03 2011
Try Y

Kebeneran hakiki adalah Allah dan kita bukanlah tuhan, pantesan negeri kita selalu ricuh, bencana silih berganti, kekacauan dimana mana, jauh dari adil dan makmur karena masyarakatnya bahkan mendengar pendapat orang lain yang berbeda saja sudah mau membunuh. Kasihan anak cucu, bangsa seperti apakah yang akan kita wariskan kepada mereka?

16 03 2011
Faisal

Islam adalah Agama yang Rahmatan Lil ‘alamin…
agama yang penuh demokrasi..tidak ada pemaksaan dalam beriman kepada Allah, Allah Telah menegaskan…Agamamu untukmu, Agamaku untukku…
Jadi kita sesama muslim tidak perlu ribut2 mendebatkan soal ketentuan Allah..biarlah Allah SWT sendiri yang menilai hambanya…Bukankah Ali bin Abi Thalib juga pernah berselisih paham dengan Aisyah…apalagi kita umat Nabi Muhammad di akhir zaman..
Berdoalah supaya Iman dan Islam Tetap dalam hati kita, amin…Karena Allah lah yang akan menjaga agamanya sampai di akhir zaman…

16 03 2011
Faisal

Allahhu Akbar..

16 03 2011
rabby

tulisan ulil buagus gitu kok….jujur di sekitar kita masih banyak kita temui fanatik sempit,gak berkembang,,katak dalam tempurung,,,yang ngomong ulil sesat bs jadi salah satu yang jadi katak.

17 03 2011
agus

terlalu banyak orang sangat pintar dan pandai di negri ini…..tp di negri ini dibutuhkan orang yang jujur.orang pintar sangat lah pandai bicara nya dari pada tindakannya…dan belum tentu kebenarannya.

17 03 2011
igun

Lebih baik mengambil hikmah yg baik dan membuang isi yg kita anggap sesat dr pandangan saudara Ulil ini.Karena bagaimanapun jika kita memfonis apa yang kita yakini itu adalah benar,maka sungguh itu hanyalah kesombongan semata,…
Saudara ku kaum Muslimin,…mari rapatkan barisan,acuhkan semua hal yg bisa memecah persatuan kita.
Saya yakin Mas Ulil orang yg cerdas,maka Mas Ulil tentu tahu konsekwensi dari apa yg dilakukannya,…

17 03 2011
adrianto

saya menghargai Mas Ulil dng semua komentarnya. Juga semua fansnya yang suka dengan ide2 segarnya, tapi asal tahu saja, mayoritas yg dipikirkan Pak Ulil itu sering bertabrakan dng ajaran Islam. Islam menyuruh A, Mas Ulil dkk menyuruh B. Ingat kawan, kalau kita mau masuk surga di Akhirat nanti, kita harus ikuti ego Allah SWT, bukan ego kita masing2. Karena Allah tidak pernah butuh kita. Kitalah yang butuh dengan Allah SWT. So, anda mau ikuti Mas Ulil, monggo, asalkan anda siap dengan risikonya. Anda yg tidak mau mnegikuti Mas Ulil, monggo juga, meskipun akan dijelek-jelekin kayaknya sama Mas Ulil dkk.

17 03 2011
adrianto

emank jilbab itu kewajiban ya?

ya wajib, ada suratnya AnNisa.

yang saya tau banyak istri2 sahabat nabi yg tidak memakai jilbab, nabi tak pernah keberatan apalagi memaksa mereka…

yang saya tahu >>> berarti anda tidak tahu. buka lagi Qurannya bos.

buat apa jilbab kalau pakaian ketat? mending kayak perempuan2 malaysia, gak pakek jilbab, tp pakaiannya lebih merefleksikan islam ketimbang perempuan2 kampus pake jilbab di indonesia…

pakaian yg merefleksikan Islam selain jilbab itu apa ya Mas?

dan bagaimana ketika matahari sedang2 terik2nya jika perempuan tidak boleh melepaskan jilabnya, bayangkan jika anda sendiri sebagai perempuan…

iman yang kuat akan mengalahkan segalanya. gitu aja kok repot mas?

aneh, orang menganggap kalo perempuan gak pake jilbab akan diperkosa, laki2 dianggap makhluk buas maniak seks… sangat menghina, saya sendiri sebagai laki-laki tak pernah libido saya naik ketika melihat rambut perempuan.

berarti anda homo Mas. berapa banyak perempuan Barat diperkosa krn pakaian mereka yg seronok. ini fakta lho Mas.

dan justru di negeri arab sendiri yang perempuan2nya rata2 memakai burqa, yang tampak cuma sendal jepit, tapi tingkat pemerkosaan tertinggi di dunia, malahan dianggap tempat terburuk bagi perempuan karena di arab sana bagian tubuh wanita yang bagi warga negara lain hal yang biasa justru bagi mereka bisa membuat gairah seks laki2 memuncak, bahkan hanya dengan melihat sandal jepit perempuan.

kalau perempuan2 di arab pakai pakaian ala Barat, lebih banyak lagi Mas yg diperkosa… knp anda sama2in sih Mas, org2 Arab dng AS? lagipula negara yg paling bny tingkat pemerkosaannya adalah di AS bukan di negara2 Arab Mas… Mas ngomong begini apakah sdh pernah ke negara2 Arab?

17 03 2011
Laskar lokajaya

Tlah nyata apa yg d ungkpkan rasul. Kelak pada suatu zaman akan mncul dr umat q orang2 yang mngatkan drinya paling islam, padahal islam dtenggorokanx sj tidak ada. Introspeksi aja, g usah saling menghujat. Wallahu a’lam bi ash showab

19 03 2011
Kiruh

panjang umur ya mas ulil..

1 04 2011
Hanura

biar tambah banyak dosanya!!!!!!

28 03 2011
soeloeng

setiap hukum dalam Islam sudah ada batasan-batasannya, jd klo ada org mengatakan si anu itu ‘sesat atw kafir atw murtajd atw ahli neraka’ sekalipun…. ya gak apa2! wong emang sdh salah, jgn takut mengatakan “ohh… kamu dihukum, kamu ini dan itu” TUNJUKKAN HUKUM ALLAH yg BICARA !! Islam harus BERANI menghukum orang yg salah diatas DUNIA ini dengan batasan HUKUM ALLAH tsb. Jelas ada disebut dalam AL-QUR’AN & AL-HADIST!!! klo sy mengatakan “kmu kafir” kenapa gak?.., ada dalilnya, ada ciri-cirinya, ada batasannya (itulah Hukum) sebab pada titik inilah Manusia ber-arti menjalankan tugasnya sebagai Khalifah (Pemimpin) diatas BUMI ALLAH ini, terutama menyadarkan org spt sdr. ulil ini (nek iso……, nek ora wajib diperangi!) Islam wajib menegakkan Syari’at dan Aqidah untuk Islam itu sendiri!…… klo gak mau ya pindah laa…. terserah mo kmn!…. (ini Damai namnya, krn tidak mengacau lagi dalam keyakinan Islam).
Klo JELAS2 Ngaco lg? Darahnya diHALALkan oleh ALLAH.
(dalilnya? Cari sendiri katanya Islam!!! makanya jgn marah klo Islam menghukum org islam aplg yg bukan.

Semoga Allah memberi Hidayah buat kita…Amiin… Wasslm.

30 03 2011
saryadi

Di dunia ini ada 3 macam orang menurut Quran
1. Kafir
2. Muslim
3. Munafik (ngakunya muslim tapi pola pikir nya kafir)

Marilah kita instropeksi diri kita masing-masing termasuk yang mana kita

8 04 2011
Sandhy

Kenapa orang menganggap pemikiran ini aneh ya? Menurutku ini pemikiran yang sangat logis. Pakaian ada untuk menutup aurat…, apakah harus dengan model seperti yang dipakai orang Arab?
Di Indonesia industri pakaian muslim berkembang pesat…, banyak model busana lokal yang diadaptasi menjadi busana muslim. Sebut aja kebaya Jawa, baju bodo Sulawesi dan lain2 (saya bukan ahli mode jadi kurang tahu.. :D). Kalu ada yang mencontohkan koteka dan berkerudung….., ya dia aja yang aneh.., yang pake koteka kan laki2…, gak perlu pake kerudung :P.
Intinya adalah, Islam bukan Arab, Islam adalah the way of life…, dia boleh dan bisa berasimilasi dengan budaya lokal.
Jadi yang menyesat nyesatkan orang…, please…, renungi diri apakah anda sendiri tidak tersesat dengan pemikiran anda??

18 04 2011
alif

islam dinamis,bagaimana cara kita mengejahwantakan nya saja dengan benar,bisa jadi ada makna di balik perbedaan!.

28 05 2011
achmad chaerudin

wah,wah, wa…h. mas ulil yang ganteng, saya doakan anda ya… semoga Allah memberikan hidayah dan tidak lagi menyesatkan umat dengan pemikiran2 yang kelihatannya rasional islami tapi sebenarnya liar dan menyesatkan.
ngomong2 soal pakaian, memang kita berpakaian dalam islam tujuannya untuk menutup aurat agar manusia itu “ono ajine”. saya kira Nabi SAw telah memberi batasan yang lugas dan jelas (laki2 auratnya dari pusar sampai lutut sedangkan wanita seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan). Botol minuman saja harus disegel ketika mau dijual, maka manusiapun seharusnya “segelnya” lebih rapat dong!!!. kalau udah jelas islam mengatur demikian, kenapa harus diperdebatkan lagi? jika diri kita mengaku beriman, ya… gak usah pilih2 apapun perintah dan larangan dari Allah dan Rasul-Nya harus kita laksanakan. ingat, iman itu diyakini dalam hati, diucapkan dengan lisan dan dilaksanakan dalam perbuatan. Perintah dan larangan Allah dan Rasul-Nya itu bukan untuk kita perdebatkan dan kita “uthak-uthik”, emangnya barang elektronik. he3x… yang harus kita PAHAMI bersama adalah aturan islam itu harus diatas adat dan budaya bukan islam yang menyesuaikan budaya. jangan dibolak-balik. na…h, kalau sekarang berkembang berbagai macam mode busana muslim, ya… kita harus selektif dan tanya pada orang yang ngerti syariah apakah busana muslim itu syar’i apa tidak. terimakasih.

13 06 2011
Rizal

Alkhamdulillah ….. teruskan pemikran anda Ust.Ulil, kami mendukungmu selalu…
supaya Islam di Indonesia bergetar dan terjadi revolusi pemikiran Islam ….

17 07 2011
mustaqim

ckckckck….. cintamu sama ulil melebihi cintamu sama kanjeng nabi yo mas? yo wes, monggo nanti dikhari kebangkitan silahkan cari benderanya mas ulil,,,,

24 06 2011
sina

JIL Kata orang Bali Jaringan Islam Lacur…..
Mas Ulil banyak memiliki teman berasal dari Bali bisa ditanyakan apa artinya…
selamat bermimpi untuk merubah wajah Islam sebab mimpi adalah khayalan semu Dan selamat berjuang merubah Islam Sebab sampai detik ini kami kanya mampu berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT dari kaum-kaum yang mengadu domba dan menjual agama hanya untuk kepentingan semata

17 07 2011
mustaqim

Islam yo Islam, klo ada embel-embel lain yo udu Islam…. gitu aja repot,,,,,

22 07 2011
agung

Bismillah..

Buat akhi sobat,
kayaknya antum terlalu membela si ulil, Klo antum merasa apa yang ulil sampaikan sesuai dgn pikiran antum sangat wajar antum bela mati-matian, apa yang akhi2 sampaikan ke ulil (kontra) adalah nasehat.

24 09 2011
balqis

semua nya aneh..jaringan islam liberal memang sesat? ini bukti baru bahwa jil sesat, ini bukan menurut saya, tapi menurut mereka sendiri. silahkan dicek, semoga dibaca dgn iman, bukan hanya logika semata, tanpa dalil, qur;an, dan sunnah http://www.facebook.com/media/set/?set=a.124084837672160.31831.109985942415383

30 09 2011
ndesho

Yang masuk surga cuma sedikit,…tapi soal jilbab…perhatiin deh orang yang pake dan gak pake jilbab…beda…, pake jilbab nampak lebih anggun…yoi gak coy….meskipun banyak juga film bokep 3gp yang pemainnya pake jilbab…

11 11 2011
findra riansyah

wooy.. biadab…. anda salah satu dajal dari ribuan dajal yang telah bermunculan dimuka bumi ini…!!!,, islam itu melarang wanita menampakan aurat apapun alasanya…

28 11 2011
jusuf

saya sbnarnya kurang begitu kenal dngan saudara Ulil ini, cm saya sering dngar nama dan membaca beberapa tulisannya. ksimpulannya mnurut saya Ulil adalah manusia yg paling merasa pintar d muka bumi ini. kalau berbicara agama, Islam sudah memberikan aturan yg paling jelas aturan mainnya, yaitu berlandaskan Al Qur’an dan Al Hadist, taroh lah kita kurang senang dngan budaya arab ya silahkan, selama selaras dan tidak bertentangan dngan Al Qur’an maupun Hadist ya silakan d lanjut apapun itu. yg jadi masalah Mas Ulil ini malah menepikan bahkan terkesan menyalahkan apabila seorang muslim ingin sejalan dngan kaidah agamanya hanya karena juga merupkan bagian dari kebudayaan arab. sudah LIL … mau apapun itu budaya asal tidak menyalahi akidah kita sbagai muslim ya lanjutkan. Andakan bukan Nabi atau Ulama …. belajar lagi ya LIL tentang Aqidah Akhlak …

29 11 2011
yusuf

contoh misalnya islam ngikut kultur Amerika. Ntar yang ada pake jilbab tapi bawahnya pake bikini . waduh gimana tuh.? .

Contoh misalnya islam ngikut kultur papua, waduh aneh lagi tuh ntar pake peci putih tapi bawahnya pake koteka.

Jilbab tuh bukan budaya tapi emang syariat dan perintah Allah untuk seluruh umat manusia agar tidak diganggu dan mengumbar aurot. Belajar Al-Quran lagi pak Ulil.

1 12 2011
aryo

orang belajarnya sj dibarat kok ngaku islam bener !!!???? emang ada ilmu islam di amrik ??? kalo dak dipesantren ya di timteng (mesir) byk universitas yg bagus2….ya hasinya gitu deh…..liberal…isme..

9 12 2011
irwan

wah…anda semua pintar pintar ya. mungkin saya hanya seorang yang tidak bisa berdiskusi tentang hal hal yuang anda semua bicarakan. tapi menurut pemikiran saya berjilbab (menutup aurat) itu harus cantik.tapinharus di ingat beda ya cantik dengan sexsi.

16 03 2012
unthuluwuk

ngga tau saya mas kamu ngomong apa? belajar dulu sanah, ntar komen lagi disini…hehehe :piss

*nyleneh=edan=gendeng=gebukinaja hahaha

11 12 2011
JIL ga jaman

Ngertiin agama koq pake teori liberal. Yaudah lah..buat semua yang dukung liberalnya si Ulil dan mendukung pendapat dia, tunggu laknat sana. .. kita emang ga tau siapa yang masuk surga atau neraka. Tapi Allah udah ngasih petunjuk buat jalan ke surga. Buat yang masih dalam shirat al mustaqim, mari kita berjuang demi agama kita, biarkan mereka memilih jalan ke neraka melalui Islam Liberal.

23 12 2011
apap_akeu@yahoo.com

tiada guna kita berdebat, pemikiran seperti itu hanyalah alibi dari orang2 yg tidak mau menjadikan Islam sbg jalan hidupnya… dalam islam tidak ada paksaan, bagi yg mau ya silahkan bagi yg tidak juga silahkan,,, jangan sampai karena merasa tidak bisa dan tidak mau melaksanakan syariat Islam lantas ajaran agama diMODIF sesuai keinginan dan pemikiran sendiri….

16 03 2012
unthuluwuk

betuuulll….yang nyleneh-nyleneh disebut oraaaang geeeeenddd…….(lanjutin sendiri)

*nyleneh=gendeng=edan=gebukinaja hahahaha

17 01 2012
Anonym

ya.
harus konsisten mengaplikasikan ya..

Membunuh -> darah halal ditumpahkan -> harus dibunuh
Jangan protes kalau ada saudara dekat yg dibunuh karena tidak sengaja terlibat kecelakaan jalan yg mengakibatkan kematian.

Poligami
Yang perempuang: jangan protes jika suaminya ingin beristri lagi.. Kalau protes, anda ini islam atau bukan?

Menikahi gadis dibawah umur:
Jangan sekali2nya protes jika anak anda yg masih remaja duduk di bangku SMP ataupun SD kelas 6, dilamar seorang kiyai untuk dinikahi. Kiyai ini pengetahuan agamanya baik, ingat tidak ada larangan usia dinikahi dalam Islam :)

Just my 2 cents

22 01 2012
yoni

anonim: punya nama gak lo.?
punya pemahaman yang baik dan benar soal hukum Al-Qur,an dan Hadist ga.? kalo ga, diem aja…soal kecelakaan yang mengakibatkan kematian..trus hukumnya dibunuh..lu baca dmana..? tau pasti ga detil proses hukum bunuh tu gmana.? soal poligami..tau pasti ga syarat dan prosesnya..?dari pernyataan lo kiyai ini pengetahuan agamanya baik aja..dah ketauan lu ga tau secuilpun..yang baik dan benar menurut ISLAM

19 02 2012
ulil ngiclik

eh anonym,
ilmu cetek aja ngga usah ngomong poligami & bocah di bawah umur di nikahin ngga ngerti dah lw!!! yang begini neh yang patut di curigain!!! jangan-jangan nih orang bukan dari islam dh / MURTAD (mantan islam)!!!

16 03 2012
unthuluwuk

yg kayak begini ga usah ditanggepin serius…. :D

*nyleneh=gendeng=edan=gebukinaja…hahahaha

19 01 2012
Arief

jadikan agama sebagai poros,bukan agama yg mengikuti budaya sekarang. salam ukhuwah islamiyah untuk saudaraku yg masih berlandaskan al quran, hadits. dan segera sadar untuk rombongan JIL, komunitas tabayyun dan antek2nya.

1 03 2012
produk budaya

dalam ilmu sosiologi, agama itu produk budaya, seperti baju dan orangnya, dari kecil orangnya itu2 juga, tapi bajunya berganti-ganti sesuai kebutuhan. agama juga harus mengabdi pada manusia, jadi harus disesuaikan.

1 02 2012
hamba

strategi yahudi : menghancurkan umat islam oleh umat islam itu sendiiri dgn cara mmbawa salah satu dari mrk lalu mmbimbing nya d universitas yahudi dan bukan d indonesia dan dsana d lakukan cuci otak spt PAK ULIL

19 02 2012
ulil ngiclik

saya mah orang awam cuma bisa bicara gini!!
neh semua gara-gara ulil jadi pada betengkar, wah dosa lu lil?!!!!
pantes lw di kasih suing tuh bibir biar jangan banyak omong maksudnya!!! eh dia malah nulis ginian dikit lagi juga suing juga tuh jari lw!!!

16 03 2012
unthuluwuk

panjenengan lucu mas…paling pinter pokoke.. :-)

22 02 2012
randy putra

ini dia wajah ulil yang sebenarnya : http://suara-islam.com/detail.php?kid=4246&aksi=postcomment#commentpost

ditunggu balasannya tuh lil.

22 02 2012
SALAM 1JARI

sebenarnya aurat yg dikatakan hadist nabi muhammad SAW dan firman ALLAH itu sudah jelas…AURAT laki laki maupun perempuan…Kenapa kita tidak mengacungkan kesana..harus kah semua hadist dan firman anda logikan…sudah lh mas ulil…hiduplah berasaaskn hadist dan fiman ALLAh.otu lh yg menyelmatkan kita..

27 02 2012
Febrisoni

Apa yang Mas Ulil paparkan adalah bukan iman yang kekanak-kanakan, melainkan iman yang dewasa

28 02 2012
nepokjidat

walah…islam semau gue sh iya hehe…

1 03 2012
XYZ

inilah penyakitnya orang islam, berantem mulu. orang lain mah udh pada ke bulan, ke mars, nemu ini nemu itu yang bermanfaat bagi umat manusia, kita ngurusin jilbab aja udh 14 abad. malu dong, masa kita cuma jadi parasit saja di dunia ini. bangun-bangun euy, banyak hal penting lain yang harus dipikirkan. mana bisa jadi rahmatan lil alamin, kalo berantem mulu…

16 03 2012
unthuluwuk

saya ngga malu mas…saya juga ngga berantem…kalo saya mendingan tidur..kalo mau ke bulan/mars ga bakal saya comment di blog ini hehehe… :-)

9 03 2012
ka uki

gini aja kita tau semua bahwa semua itu ujung ujungnya duit ..mane ade nyang kyak gitu berani bekoarnye kalo kaga ada duitnye ame nyang ngelindungin die..kite tau deh siape otaknye….

16 03 2012
unthuluwuk

jamannya Si KOMO (bonekanya kak Seto), Ulil itu kan Ulet kecil… warnanya ijo, suka nakal sama temen2nya… :-)

*nyleneh=gendeng=caper=gebukinaja hahahaha

4 06 2012
sukijan

ulil…ulil… mungkin orang tuamu, saudara2mu menangis luar dalam melihatmu seperti ini… terlalu kelewat pintar kamu alias sinting,..

25 07 2012
yose rizal

JARINGAN LAKNATULLAH

19 07 2012
Doktorandus Gusti Cahyadi Pangeran

hadeww….kalian ini

6 08 2012
patoheng

Ulil emang Pinter…….
Tolong Bang Ulil….. Istri dan Putri anda menetap di irian …. terus pakai koteka…… Bagaimana pendapat anda???

Ulil…. Wong sableng gak usah di dengerin, biarkan dakwah untuk istri dan anaknya aja

23 08 2012
HAKAM

buat kang ulil silahkan lanjut terus…. bagi yang anti silahkan kritik teruss…. nanti akan kelihatan bahwa islam itu indahhhh………

2 02 2013
Suci Mustika Zahra

yg nama nya kafir yahudi nasrani ngak bakalan berhenti untuk untuk menggoda, memusuhi kita orang islam dengan berbagai cara, termasuk berpura2 dari golongan kita sampai kita masuk ke golongan mereka, jadi apa pun pikiran mereka yg sesat dan menyesat kan menurut Islam,mereka tak akan pernah berhenti sampai akhir zaman, jadi kita harus memperkuat sendi-sendi agama Islam mulai dari dalam rumah sendiri, agar kita tidak tertipu dengan pendapat2 orang,media, apa saja yg di pakai oleh mereka untuk menyesatkan kita, kalau dasar agama kita telah kuat insya Allah , Allah akan menjaga kita dari kesesatan,mulailah menanamkan ,menjaga ,menyaluarkan,anak2 kita ke pendidikan agama yg lebih bermutu jangan hanya cukup sekedar bisa baca tulis Alqur’an saja , lebih2 pada zaman sekarang anak2 hanya di sibukan dengan pendidikan umum hanya sedikit waktu tersisa untuk belajar agama,kecuali sekolah Islam terpadu,jadi tetap waspada.
” kalau sekolah umum gratis kapan pesantren moderen di subsidi oleh pemerintah agar gratis juga “mimpi ku

2 02 2013
Afdal

setuuuuuujuuuuuuuuuuuu

14 04 2013
penol abdullah

ada kalanya otak harus mengalah. dan iman yang berbicara.
ulil dan ahmad kalau saya ketemu kalian saya tebas leher kalian, demi allah saya akan lakukan itu.
kalian sesat dan menyesatkan.

27 04 2013
avis binoa

Because the admin of this web site is working, no doubt very soon it will
be renowned, due to its feature contents.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: